Mahasiswa Uniba Solo Kembali Demo, Ketua Yayasan Nyatakan Siap Mundur Ratusan mahasiswa, dosen, dan mantan rektor Uniba Solo, Jawa Tengah kembali menggelar aksi unjuk rasa di kampus, Kamis (2/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Ratusan mahasiswa, dosen, dan mantan rektor Universitas Islam Batik (Uniba) Solo, Jawa Tengah kembali menggelar aksi unjuk rasa di kampus, Kamis (2/7).

Tuntutan mereka sama dengan aksi-aksi sebelumnya. Trasparansi pengelolaan Yayasan Uniba yang dianggap merugikan civitas kampus.

Baca Juga:

Ikut Demo Mahasiswa dan Dosen, Rektor Uniba Solo Lepas Baju dan Pilih Mundur

Aksi kali ini dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik (Yapertib) Solo Syahrial Amri. Di hadapan ratusan massa mahasiswa, Syahrial menyatakan, siap mundur dari pengurus Yapertib demi kebaikan kampus Uniba.

"Saya tegaskan, demi kebaikan bersama apa pun akan saya lakukan termasuk mundur dari Yapertib," ujar Syahrial.

Persoalan yang dirasakan mahasiswa, dosen, dan karyawan, lanjut dia, akan disampaikan pada pimpinan. Ia berharap persoalan ini segera ada titik temu supaya tidak berlarut-larut.

Ratusan mahasiswa, dosen, dan mantan rektor Uniba Solo, Jawa Tengah kembali menggelar aksi unjuk rasa di kampus, Kamis (2/7). (MP/Ismail)
Ratusan mahasiswa, dosen, dan mantan rektor Uniba Solo, Jawa Tengah kembali menggelar aksi unjuk rasa di kampus, Kamis (2/7). (MP/Ismail)

Jubir aksi damai jilid III Amir Junaedi mengatakan, pada aksi Selasa (30/6), peserta aksi menuntut 10 butir tuntutan, yakni menolak napotisme yang ada di dalam Yapertib dengan mengeluarkan Solichul Hadi, Astari, Tetuko dan kroni-kroninya, kembalikan Dewan Pembina Yayasan sesuai UU Yayasan Nomor 16 Tahun 2001 dan UU No 28 Tahun 2004, kembalikan kepengurusan yayasan sesuai UU Nomor 28 Tahun 2004, kembalikan pengelolaan wakaf Uniba sesuai peruntukannya.

"Lakukan audit investigasi seluruh aset Yapertib, kembalikan pengelolaan Universitas sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku (Permenristek Nomor 16 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyusunan Statuta PTS)," kata dia.

Baca Juga:

DPR Tegaskan Kuota Zonasi dan Usia di PPDB Tak Sesuai Permendikbud

Ia mengatakan, massa aksi akan melihat hasil pernyataan Ketua Pengurus Yapertib Solo Syahrial Amri. Kalau dalam waktu dekat tidak ada pembenahan lebih baik mundur.

"Kami akan menemui pendiri Yapertib jika seandainya nanti pengurus yayasan tersebut tidak jadi mengundurkan diri. Kampus Uniba harus diselamatkan," pungkas Amir. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

PBNU Yakin Indonesia Keluar dari Jerat Ekonomi Dampak COVID-19


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH