Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Toko Online Pedagang Keliling Mahasiswa penciptan Yuklarisin.com. (Dokumentasi Humas UGM)

MerahPutih.com - Sekelompk mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta membuat aplikasi bernama Yuklarisin.com. Aplikasi ini dibuat untuk membantu para pedagang keliling untuk memasarkan produk dan dagangannya.

Para penciptan aplikasi ini adalah Oka Priambodo, Ganang Satria Pertama, Roni Fernando, dan Afiffah Nuur Mila Husniana. Mereka tergabung dalam kelompok bisnis rintisan (start up) di bidang ekonomi.

Salah seorang pencipta aplikasi Oka Priambodo menjelaskan ide awal pembuatan aplikasi ini muncul karena ia sering melihat pedagang keliling di sekitar kampus UGM. Ia kemudian ngobrol santai dengan para pedagang. Dari obrolan santai itu, Oka tahu bahwa pedagang keliling selama ini terbatas waktu penjualan dengan keadaan cuaca.

"Pedagang hanya bisa menjajakan dagangannya saat kondisi cuaca cukup baik namun tidak jarang barang dagangan mereka baru laku setelah dua atau tiga hari kemudian," tutur Oka di UGM Yogyakarta, Jumat (8/9).

Ia pun kepikiran ide membuat aplikasi online yang bisa membantu para pedagang itu berjualan di dunia maya. Ide ini pun disambut positif pedagang. Banyak pedagang yang bersedia bergabung diaplikasi ini.

Oka akhirnya mengajak beberapa temannya untuk bergabung dalam tim yang mereka namakan Yuklarisin.com untuk membuat aplikasi ini.

Di aplikasi ini, ketika ada pemesanan dari konsumen, pihak pengelola Yulklarisin.com akan mengambil barang ke pedagang dan mengantarkannya konsumen.

"Setiap pengunjung yang mengklik produk yang mereka inginkan maka akan terhubung dengan nomor kontak WA customer service,” katanya.

Untuk sementara waktu, pedagang dan barang jualan yang ada di Yuklarisin di antaranya makanan siap saji, perabotan rumah tangga, pakaian, lukisan, dan kerajinan tangan.

Oka berharap ke depannya apliaksi ini menjadi solusi praktis dalam menyelesaikan persoalan yang dialami pedagang keliling dalam menjual dagangannya dan membuat omzet mereka meningkat drastis.

Usai aplikasi diluncurkan, Oka berkomitment untuk terus membantu para pedagang mempromosikan usahanya di antaranya dengan cara membantu dalam desain tampilan produk mereka di lapak online, foto produk, penjemputan dan pengiriman produk. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Meski Sedang Upgrade System, Aplikasi AyoPoligami.Com Terus Menerus Diunduh


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH