Otomotif

Mahasiswa Teknik University of Michigan akan Bawa Motor Listriknya ke Balapan Isle of Man

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 01 Desember 2022
Mahasiswa Teknik University of Michigan akan Bawa Motor Listriknya ke Balapan Isle of Man
Sudah pernah menang di Formula Lightning AHRMA. (Foto: Instagram/@spark_eracing)

TIM SPARK Electric Racing dari University of Michigan, AS, tengah melakukan sebuah misi. SPARK, yang terdiri dari mahasiswa teknik universitas tersebut, sedang bekerja keras dalam eksperimen untuk membangun sebuah sepeda motor balap listrik sejak 2013 silam. Begitu laporan Motor1, Selasa (29/11).

Menutup musim panas 2022 ini, SPARK telah berhasil membawa pulang tempat kedua dan ketiga dalam balapan Formula Lightning AHRMA di New Jersey, AS. Kini tim tersebut memiliki ambisi untuk berkompetisi di balapan Isle of Man TT, sebuah ajang balap motor jalan raya paling berbahaya nan ikonik di dunia, pada 2024.

Ini terungkap dari laman resmi tim SPARK. Mereka menyebut gelaran Isle of Man TT 2024 sebagai daftar balapan yang akan mereka ikuti berikutnya. Meski tim tersebut mungkin tak memiliki sumber daya sekelas tim-tim balap profesional dan berpengalaman, mereka akan datang tanpa beban dan itu bisa menjadi nilai tambah.

Baca juga:

Honda Siap Rilis 10 Sepeda Motor Listrik pada 2025

Tim termotivasi raih kemenangan di ajang yang lebih besar. (Foto: Instagram/@spark_eracing)

Tahun 2022 ini menandai pertama kalinya SPARK berkompetisi di Formula Lightning. Tahun ini pula mereka butuh mesin ketiga sekaligus yang paling baru, yang dikembangkan di New Jersey. Motor itu menampilkan rangka teralis baja khusus dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam tiga detik.

Sepeda motor listrik itu diklaim mampu menembus kelajuan maksimum hingga 257 km/jam berkat 125 tenaga kuda yang disalurkan ke ban belakang. Torsinya bisa mencapai 119 Nm. Tak mengherankan akselerasinya bisa setara dengan sepeda motor besar bermesin 1.000 cc.

Bagian-bagian lain sepeda motor itu, seperti rem, suspensi, dan ban, mengandalkan pabrikan komponen yang sudah mapan semacam Galfer, Brembo, dan Ohlins. Keputusan itu diambil agar para insinyur dapat memusatkan perhatian pada pembangunan rangka, baterai, dan pengembangan sistem telemetri.

Baca juga:

Voxan Wattman Sepeda Motor Listrik Tercepat di Dunia

Tim akan membangun sepeda motor listrik yang lebih bertenaga lagi. (Foto: Instagram/@spark_eracing)

"Kami membuat template kami sendiri dan bawah ke atas. Tantangan itu adalah salah satu hal paling menarik bagi tim saya. Beberapa dari tim yang lebih besar ini memiliki banyak peraturan dan spesifikasi yang harus mereka penuhi. Sementara, kami hanya perlu membuatnya aman, berfungsi, dan cepat," terang pimpinan kelistrikan SPARK, Aashish Harikrishnan.

Orang yang bertanggung jawab menggeber sepeda motor itu adalah seorang pembalap David McPherson. Dia sudah memenangi berbagai lomba balap motor dan berpengetahuan nan tinggi untuk membantu tim mengembangkan sepeda motor tersebut.

Kini tim itu akan membangun sepeda motor yang lebih mutakhir untuk dibawa ke Isle of Man TT. Mereka mengatakan menyasar sepeda motor balap dengan kecepatan tertinggi mencapai 300 km/jam, berat di bawah 205 kg, dan torsi hingga 203 Nm. (waf)

Baca juga:

Yamaha Ramaikan Pasar Sepeda Motor Listrik

#Otomotif #Motor Listrik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan