Mahasiswa Ragu Jokowi-Ma'ruf Amin Bisa Lepas dari Kapitalis Asing Demo Mahasiswa saat hari Sumpah Pemuda (MP/Kanu)

MerahPutih.com - Ketua DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Desmon Umbu mengkritik rezim pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin cenderung dikuasai kapitalisme dan imperialisme internasional. Buktinya, kemiskinan terus berulang terjadi dan masalahnya tak pernah berhasil diselesaikan.

"Rezim yang berkuasa adalah rezim yang bertanggung jawab atas kemelaratan berkepanjangan selama 20 tahun," kata Desmon, saat berorasi dalam aksi demo mahasiswa, di bilangan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (28/10).

Baca Juga:

Dilarang Demo Istana, Mahasiswa Sebut Jokowi Fasis

Menurut Desmon, masa depan Indonesia cenderung tak bakal cerah sesuai dengan apa yang diharapkan jika pola pembangunan selalu mengedepankan kepentingan asing. "Kita yakin Jokowi tak akan jawab persoalan bangsa," ujar dia.

Desmon juga menilai reforma agraria yang dilakukan pemerintah Jokowi selama ini malah banyak memakan korban. Bahkan, kata dia, konflik di era Pemerintahan Jokowi terus bertambah antara swasta dan rakyat yang difasilitasi oleh negara.

demo mahasiswa
Demo Mahasiswa saat hari Sumpah Pemuda (MP/Kanu)

Baca Juga:

Hari Sumpah Pemuda, Ribuan Mahasiswa Kepung Istana Tuntut Janji Jokowi

"Ratusan rakyat petani dikriminalisasi dan dipenjarakan bahkan ada yang ditembaki dan dibunuh," ungkap dia dalam orasinya.

Sebelumnya, massa berjumlah sekitar 200an orang yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Bergerak hendak menggelar aksi di depan Istana Negara. Namun, aksi mereka dihadang kawat berduri seghingga tak bisa menuju Istana Negara.

Massa pendemo juga membawa spanduk yang berisi kata-kata menyudutkan pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin, sambil berteriak, "Jokowi Fasis. Jokowi Anti Demokrasi." (Knu)

Baca Juga:

Takut Kantor Jokowi Dikepung Mahasiswa, Polisi Terpaksa Lakukan Ini


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH