Fashion
Mahasiswa Negeri Aing Jagonya Soal Fashion saat 'Ngampus' Beda tingkat stylenya berbeda. (Foto: Unsplash/Chang Duong)

PERNAH dengar celetukan mahasiswa tingkat akhir saat melihat adik kelasnya yang masih berpakaian dengan rapi, wangi dan bahkan berdandan untuk ke kampus? "Biasa, masih maba (mahasiswa baru), tenaganya masih banyak," kira-kira seperti itu isinya.

Bukan iri atau dengki dengan penampilan mereka, tetapi para mahasiswa tingkat akhir ini pernah berada di posisi itu. Tergantung tingkatan dan jurusan, fashion para mahasiswa tentunya selalu berbeda-beda.

Baca Juga:

Pemuda Pejuang Mimpi Berhasil Jadi Pelancong Mandiri

Mahasiswa semester awal atau mahasiswa baru biasanya masih bersemangat memadukan pakaian mereka secara unik dan rapi. Mereka baru merasakan kesempatan untuk menjadi orang dewasa yang boleh berpakaian bebas setiap harinya. Hal ini merupakan peralihan dari yang setiap harinya harus memakai seragam sekolah, kemudian mereka terlepas dari kewajiban itu.

Merasa sudah bebas membuat mereka lebih kreatif, ingin menampilkan sisi terbaik mereka dan rela menghabiskan banyak waktu untuk bangun pagi-pagi untuk memilih pakaian, mengatur style rambut dan berdandan.

"Pengen jaga penampilan aja, soalnya kadang malu juga kalau engga dandan tapi teman-teman sekelas kebanyakan dandan. Tergantung mood dan mata kuliahnya juga sebenarnya, kalau mata kuliahnya banyak kan di kampus lebih lama tuh, jadi pasti dandan," jelas Vanessa, seorang mahasiswa semester awal di salah satu Universitas di Tangerang.

"Kalau mata kuliahnya cuma 1 kadang ke kampus cuma 2-3 jam jadi males aja. Kadang juga kalau lagi ada mata kuliah yang sekelas sama gebetan bakal pilih baju yang lebih bagus dan dandan lebih lama," tambahnya.

Mahasiswa tingkat akhir sudah malas bergaya di kampus. (Foto: Unsplash/Redd)

Berbeda dengan mahasiswa semester awal, mahasiswa semester akhir biasanya sudah malas memikirkan apa yang akan dipakai atau apakah pakaian itu bagus atau tidak. Semakin senior di kampus, semakin banyak kegiatan yang harus dilakukan. Belum lagi kalau sudah ada di tahap harus magang dan mengerjakan skripsi.

"Syukur masih bisa tidur, waktu tidur aja kadang udah engga cukup, apalagi mau mikirin gaya berpakaian. Capek juga tiap hari mikirin mau pakai apa, lama-lama udah engga kepikiran mau styling pakaian kayak gimana, kalau mahasiswa baru kan masih punya banyak ide," terang Ninda, seorang mahasiswa tingkat akhir.

Baca Juga:

Pemudi Timur yang Andal Menenun

Mahasiswa tingkat akhir biasanya dikenal dengan gayanya yang berhoodie dan mereka sangat mengandalkan style tersebut. Kamu akan melihat mahasiswa tingkat akhir datang ke kampus dengan warna hoodie yang selalu sama. Memadukan celana apapun dengan atasan hoodie akan selalu cocok dan menghemat waktu, sehingga mereka tidak perlu lagi bangun pagi untuk memadukan pakaian. Semakin dekat dengan akhir semester, pakaian mereka akan semakin santai dan enggak niat, yang penting masih sesuai peraturan kampus.

Mahasiswa perhotelan paling rapi. (Foto: Unsplash/Ruthson Zimmerman)

Tidak hanya dalam tingkatan perkuliahan, perbedaan fashion juga terlihat dari bedanya jurusan. Misalnya, mahasiswa jurusan komunikasi biasanya dikenal selalu wangi, rapi, dan mempunyai style fashion yang selalu on trend. Sedangkan mahasiswa desain lebih memilih pakaian yang santai dan bahkan terkadang menggunakan baju tidur.

Mahasiswa desain biasanya sudah tidak mempedulikan penampilan mereka dan hanya mengutamakan kenyamanan agar mereka bisa mengeluarkan semua kreativitas mereka. Apalagi mereka sering sampai harus menginap di kampus. Ruang kelas sudah bagaikan rumah dan kamar tidur mereka.

Beda lagi dengan mahasiswa jurusan perhotelan, mereka terkenal sebagai mahasiswa yang paling rapi karena selalu mengenakan seragam bak pegawai hotel. Kemeja putih, blazer hitam, dasi kupu-kupu, rok span untuk perempuan, dan celana bahan untuk laki-laki. Rambut juga harus selalu rapi, perempuan selalu mengikat dan menyanggul rambut mereka dan laki-laki menggunakan gel rambut untuk membentuk rambut mereka. Mereka selalu rapi bak orang kantoran sampai lulus. (tel)

Baca Juga:

Aku Tak Mau Lagi Bergaul dengan Teman Bertopeng

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menikmati Mi di Penjuru Ibu Kota
Kuliner
Menikmati Mi di Penjuru Ibu Kota

Selalu ada tempat untuk mi.

Melihat Lebih Dekat Booth 'Daihatsu Awesomeverse' di GIIAS 2022
Fun
Melihat Lebih Dekat Booth 'Daihatsu Awesomeverse' di GIIAS 2022

Pada gelaran GIIAS 2022, Daihatsu menghadirkan booth dengan suasana baru dan berbeda

Olahraga Setelah Vaksin, Apakah Aman?
Fun
Olahraga Setelah Vaksin, Apakah Aman?

Sehingga mendukung pertanyaan-pertanyaan seperti apakah boleh berolahraga di rumah atau di tempat umum setelah vaksin?

UNESCO Tetapkan Gamelan Jadi Warisan Budaya Tak Benda
Fun
UNESCO Tetapkan Gamelan Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Gamelan menjadi warisan budaya ke-12 Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Aplikasi PeduliLindungi Sukses Cegah Kasus Positif Baru COVID-19
Fun
Aplikasi PeduliLindungi Sukses Cegah Kasus Positif Baru COVID-19

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat umum sangat efektif dalam mencegah penularan virus COVID-19, sehingga angka kasus positif baru bisa menurun.

Sudah Tahu Cara Memulihkan Unggahan Facebook yang Dihapus?
Fun
Sudah Tahu Cara Memulihkan Unggahan Facebook yang Dihapus?

Unggahan Facebook yang dihapus masih bisa dipulihkan.

Lidah Berwarna Putih, Ada Apa?
Fun
Lidah Berwarna Putih, Ada Apa?

Lidah berwarna putih sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Gim Fornite Kembali Bisa Dimainkan di iOS dan Android
Fun
Gim Fornite Kembali Bisa Dimainkan di iOS dan Android

Gim ini tidak bisa dijangkau penggona mobile sejak Apple dan Google menghapusnya dari app store pada 2020.

Penting, Pakaian Nyaman saat Masak
Hiburan & Gaya Hidup
Penting, Pakaian Nyaman saat Masak

Chef Renatta kasih tipsnya buat kamu.

'The Batman' akan Miliki Lagu Tema Baru
ShowBiz
'The Batman' akan Miliki Lagu Tema Baru

Bocoran lagu tema The Batman dibagikan bertepatan dengan Batman Day.