Mahasiswa, 5 Kebiasaan ini Bikin Uang Sakumu Cepat Habis Kebiasaan mahasiswa yang ternyata membuat uang cepat habis. (Foto: Comelite Architecture)

NONGKRONG bareng teman-teman sambil bermain, tertawa, mengerjakan tugas, atau hanya sekedar curhat memang mengasyikkan. Semua itu bisa kamu lakukan mungkin di indekos, kampus, rumah, atau mungkin di kafe yang mahal. Setiap mahasiswa tentu punya cara dan tempat favorit mereka untuk melakukan berbagai kegiatan di atas. Tapi, enggak mungkin dong pergi ke kafe tidak memesan minuman atau makanan?

Semua itu bergantung pada kondisi finansial. Kalau mereka memang dari keluarga yang berada, sah-sah saja jika nongkrong di tempat yang mahal. Tapi, bagaimana jadinya kalau uang saku mahasiswa pas-pasan? Dilansir dari berbagai sumber, ini lima kebiasaan mahasiswa yang bikin uang cepat habis.

Baca juga:

Keuntungan Naik Transportasi Umum, Hemat Biaya

1. Nongkrong di kafe

Mahasiswa, 5 Kebiasaan ini Bikin Uang Sakumu Cepat Habis
Nongkrong di kafe paling nyaman untuk curhat bersama teman. (Foto: Ben Kissam)

Siapa sih yang tidak pernah nongkrong ke kafe? Kebiasaan ini memang sudah menjadi gaya hidup mahasiswa. Salah satu alasan mengapa mereka memilih kafe karena tempatnya yang nyaman dan menu makanan yang lezat.

Kafe seolah menjadi tempat untuk ngobrol santai bareng teman, gebetan, pacar, atau mungkin hanya sekedar mengerjakan tugas. Pastinya menggunakan Wi-Fi gratis.

Karena sudah terlalu nyaman, mereka bahkan tidak bosan untuk datang ke kafe tersebut setiap hari. Tanpa disadari, mereka sebenarnya sudah mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli makanan dan minuman di kafe tersebut. Duh, bakalan pusing deh akhir bulan!

2. Membeli makanan cepat saji

Mahasiswa, 5 Kebiasaan ini Bikin Uang Sakumu Cepat Habis
Makanan cepat saji memang menggoda. (Foto: periskopi)

Selain kafe, beberapa restoran yang menyediakan makanan cepat saji pun menjadi pilihan tempat mahasiswa. Kegiatannya pun tidak beda jauh, seperti nongkrong atau hanya sekedar mengerjakan tugas. Seperti yang kita ketahui, harga makanan dan minuman di restoran cepat saja berkisar sekitar Rp 30-50 ribu.

Tidak bisa dipungkiri, memang rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan. Sesekali sih tidak jadi masalah. Bagaimana jadinya kalau ketagihan? Selain membuat kantong tipis, mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Ditambah, sekarang ini beberapa aplikasi penyedia jasa antar makanan sering memberikan promo bagi para pengguna aplikasi.

Baca juga:

Cara Hemat ala Anak Kuliahan Ini Patut Dicoba

3. Belanja online

Mahasiswa, 5 Kebiasaan ini Bikin Uang Sakumu Cepat Habis
Belanja onlne lebih untung jika mendapatkan potogan harga. (Foto: The Financial Express)

Siapa yang sering belanja online? Ya, anak muda zaman sekarang pasti mempunyai aplikasi belanja online di gawai masing-masing. Ketika sedang bosan di kosan dan tidak ada kerjaan, mereka akan sering membuka gawai.

Namanya juga mahasiswa, melihat barang bagus sedikit langsung pesan. Yuk, coba pertimbangkan apakah barang yang kamu beli memang sangat dibutuhkan atau cuma sekedar lapar mata?

4. Bermain game online

Mahasiswa, 5 Kebiasaan ini Bikin Uang Sakumu Cepat Habis
Sering membeli item di game online. (Foto: EKGAMING)

Tidak bisa dipungkiri, setelah lelah dan pusing karena tugas perkuliahan, beberapa mahasiswa biasanya melampiaskan semua itu lewat bermain game online. Ada banyak game yang mereka mainkan bersama teman-teman.

Karena sudah menjadi kebiasaan, mereka pasti akan membeli barang yang ada pada game tersebut. Selain untuk memuaskan diri, mereka juga akan merasa menjadi lebih percaya diri. Sesekali beli tidak apa-apa. Kalau terlalu sering, akhir bulan mau makan apa?

5. Rajin membeli buku tapi jarang dibaca

Mahasiswa, 5 Kebiasaan ini Bikin Uang Sakumu Cepat Habis
Buku yang hanya menjadi pajangan. (Foto: Qualtrics)

Setiap tahun, biasanya ada event yang menyelenggarakan pameran buku. Di sana, para konsumen dapat memilih dan membeli buku mana yang menjadi favorit. Tentu harganya pun terjangkau.

Ada mahasiswa yang memang membeli karena butuh dan menyukai buku tersebut. Tapi, ada juga mahasiswa yang hanya tertarik sementara dengan buku-buku tersebut. Mereka pun membeli banyak buku, namun hanya beberapa yang dibaca. Alhasil, buku pun hanya menjadi pajangan. (And)

Baca juga:

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari saat Menjalani Kehidupan Perkuliahan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH