Mahakarya Tuksedo Studio Hadirkan Motif Lokal dan Siluet Sirkuit di Tropi MotoGP

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 18 Maret 2022
Mahakarya Tuksedo Studio Hadirkan Motif Lokal dan Siluet Sirkuit di Tropi MotoGP
Piala MotoGP Mandalika. (Tuksedo Studio)

MerahPutih.com - Indonesia menggelar hajatan besar yaitu MotoGP untuk pertama kalinya dalam 25 tahun setelah Grand Prix of Indonesia terakhir kali digelar di Sentul pada 1997 silam.

Kali ini, balapan kuda besi digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dalam ajang ini, ada tropi khusus yang dibuat Tuksedo Studio untuk ajang MotoGP Indonesia 2022.

Baca Juga:

Mengunjungi Desa Adat Sasak Sade yang Masih Memegang Tradisi di Tengah Gempita MotoGP

Tuksedo Studio dikenal sebagai spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat secara buatan tangan (handmade). Sebelumnya, Tuksedo Studio turut membuat piala ajang World Superbike (WSBK) yang digelar di Mandalika pada akhir 2021 lalu.

Secara tampilan, piala anyar ini terinspirasi dari Obor yang melambangkan menyala api kompetisi balap yang panas.

"Api itu sendiri juga menjadi simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia, terutama pada sector tourism yang terdampak oleh pandemik ini. Dengan harapan besar agar kita dapat sama-sama menjaga agar api dari obor ini tidak pernah padam," ungkap pihak Tuksedo Studio.

Piala MotoGP Mandalika yang berbentuk obor seperti digunakan untuk pada ajang olimpiade. Artinya melambangkan semangat dan kebangkitan Indonesia yang diawali dari Mandalika ini dapat diteruskan estafetnya secara berkelanjutan.

Adapun untuk material piala yang digunakan untuk memproduksi untuk kelas MotoGP, Moto2, Moto3, dan Asia Talent Cup adalah alumunium.

Material itu juga disebut sebagai perlambangan dari ajang balap yang pemenangnya ditentukan oleh kecepatan serta performa kendaraannya.

Umum digunakan sebagai material dari kendaraan-kendaraan yang memang dirancang memiliki kecepatan tinggi karena sifatnya yang ringan dan memiliki kekuatan yang tepat menopang kecepatannya, lanjut pihak Tuksedo Studio.

Piala MotoGP Mandalika. (Tuksedo Studio)
Piala MotoGP Mandalika. (Tuksedo Studio)

Selain bahan aluminium, piala ini memiliki corak motif lokal yang terdapat pada piala untuk melengkapi pola siluet sirkuit. Pola tersebut didasari dari ajang MotoGP yang diselenggarakan di Mandalika.

"Kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada Tuksedo Studio untuk Dorna Motorsport dan sebagai desainer piala pada dua ajang balap international pertama di Sirkuit Mandalika ini merupakan sebuah bukti jika Indonesia tidak hanya mampu dalam mengadakan sebuah ajang berskala dunia saja," tulis pihak Tuksedo Studio.

Tuksdo menegaskan, seniman dan pekerja lokal memiliki kapasitas yang mumpuni untuk merancang dan membuat langsung sebuah karya seni dengan tangan sendiri. (Kabaroto.com )

Baca Juga:

Merasakan Geliat MotoGP di Bandara Internasional Lombok

#MotoGP #Mandalika #Sirkuit Mandalika
Bagikan
Bagikan