Macet, Banjir, Kemiskinan Masih Jadi Masalah Utama di Kota Bandung

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 22 Desember 2022
Macet, Banjir, Kemiskinan Masih Jadi Masalah Utama di Kota Bandung
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Foto: Pemkot Bandung)

MerahPutih.com - Pembangunan Kota Bandung dalam beberapa tahun mendatang masih akan fokus pada infrstruktur. Sebab, Bandng masih menghadapi macet, banjir, kemiskinan, pemulihan dampak pandemi.

"Kalau semangat saya ingin infrastruktur. Mudah-mudahan hasil 'kick off' ini melahirkan banyak gagasan untuk menyusun rancangan pembanguann daerah ke depan," tutur Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Baca Juga:

Simak Aturan Perayaan Nataru 2022-2023 di Kota Bandung

Yana menerangkan, ini merupakan momentum penting untuk menyusun regulasi lima tahunan.

"Momentum ini penting karena akan menjadi kebijakan juga kewajiban untuk pembangunan Kota Bandung ke depan," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna berharap, Kick Off RKPD Tahun 2024 mampu mengidentifikasi isu-isu strategis di Kota Bandung. Selain itu, dapat menganalisa permasalahan pembangunan yang searah dengan strategi pembangunan nasional.

"Bandung masih berkaitan dengan permasalahan seperti macet, banjir, kemiskinan, pemulihan dampak pandemi. Belum lagi isu terkait krisis global," katanya.

Ia meningatkan, perlu komitmen agar tujuan besar organisasi pemerintah menjadi tujuan bersama untuk menghadirkan perencanaan yang lebih baik demi Bandung yang lebih unggul.

Ema kemudian menyoroti potensi anggaran yang dapat dimaksimalkan guna mencapai tujuan dari RKPD Tahun 2024.

"Kita ingin sinergi semua Organisasi Perangkat Daerah di Kota Bandung. Jadi ke depan kebijakan tersebut dilahirkan berdasarkan kebutuhan bukan keinginan," tutur Ema.

Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Evaluasi Wilayah II Kemendagri, Bob Ronald F. Sagala mengapresiasi laju pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung semakin membaik.

"Salah satu yang menjadi perhatian kami terkait IPM (Indeks Pembangunan Manusia), kemiskinan, pertumbuhan ekonomi. Kami memberi apresiasi Kota Bandung karena lebih baik dibandingkan nasional," ujarnya.

Dalam RPD Kota Bandung Tahun 2024 nantinya, dibahas rencana pembangunan tahun 2024-2026. Harapannya Pemkot Bandung bisa memperoleh gambaran dan strategi arah kebijakan pembangunan Kota Bandung sesuai arah kebijakan pembangunan nasional.

RPD merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang hampir sama dengan RPJMD, namun tidak dimasukkan dalam visi misi kepala daerah. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Kota Bandung Kekurangan Ribuan Tenaga Kesehatan

#Macet #Banjir
Bagikan
Bagikan