Kuliner Olahan Daging Buruan Food Traveller di Pulau Madura Bebek songkem. (Foto: instagram.com/esternugroho)

PULAU Madura merupakan pulau berpenduduk 3,6 juta di timur Pulau Jawa. Daerah yang secara administrasi masuk Jawa Timur ini memiliki empat kabupaten di dalamnya.

Madura dihuni suku masyoritas Madura. Suku Madura memiliki bahasa sendiri, yaitu bahasa Madura. Suku Madura termasuk suku perantau di tanah air. Nah, hal itu juga yang menjadi salah satu penyebab beberapa kuliner Madura tersebar dan terkenal di daerah-daerah lain.

Sajian Madura terkenal dengan olahan dagingnya. Ada banyak olahan daging dari Madura yang terkenal enak. Berikut merahputih.com sajikan empat jenis olahan daging paling populer dan buruan para food traveller ketika ke Pulau Madura:

1. Ayam Bakar Garang Asam

 Ayam bakar garang asam yang merupakan sajian dari Madura. (Foto: facebook.com/sri.warsini.351)
Ayam bakar garang asam yang merupakan sajian dari Madura. (Foto: facebook.com/sri.warsini.351)

Bahan utama ayam bakar garang asam yaitu ayam kampung. Pengolahannya cukup unik yaitu perpaduan antara perebusan dan pembakaran. Ayam mula-mula dibersihkan, sementara bumbu-bumbu ditumis. Setelah itu masak ayam hingga empuk dan bumbu meresap. Setelah itu diolah lagi dengan cara dibakar.

Sebelum dibakar, ayam terlebih dahulu dibungkus dengan daun pisang. Hal ini agar tidak ada bagian daging yang gosong ketika dibakar di atas bara. Selain itu, hasil pembakarannya menjadikan olahan ayam lebih harum.


2. Bebek Songkem

 Bebek songkem bentuk sebuah penghormatan. (Foto: instagram@kuliner.sampang)
Bebek songkem bentuk sebuah penghormatan. (Foto: instagram@kuliner.sampang)

Bebek songkem merupakan salah satu buruan wajib para food traveller ke Tanah Raden Segara. Bebek songkem tepatnya dari daerah Sampang.

Citarasa bebek songkem diakui sangat enak. Bebek songkem diolah dengan proses cukup panjang dengan beragam bumbu rempah yang banyak. Bebek songkem dimasak dengan cara dikukus.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH