Macam-Macam Alis Sesuai Bentuk Wajah Sumber: Instagram/@gemma_chan/@beyonce/@marywilesmakeup)

ALIS kini menjadi bagian tubuh yang cukup penting dalam dunia kecantikan. Keberadaannya mendapat perhatian dari berbagai kalangan mulai dari make-up artist, make-up junkie hingga orang biasa. Mereka merasa penampilan kurang lengkap tanpa merias alis. Pentingnya merias alis membuat tren alis marak. Orang-orang bereksperimen dengan bentuk alis mereka tak peduli bagaimana alis alaminya tumbuh.

Padahal, bentuk alis harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik. Hal itu terjadi karena alis mampu memberi pengaruh signifikan pada bentuk wajah. "Bentuk alis memiliki pengaruh besar terhadap fitur wajah lainnya," ujar spesialis alis di New York, Joey Healy.

Senada dengan Healy, make-up artist Indonesia, Chelsea Archangela menuturkan bahwa alis mampu membentuk karakter dari si pemilik. "Tipis tebalnya atau tingkat kepanjangan alis akan mempengaruhi karakter wajah seseorang," tuturnya. Kedua make-up artist berbeda kewarganegaraan tersebut menegaskan pentingnya membentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah. Seorang pakar alis lainnya, Jared Bailey merekomendasikan kita untuk memetakan bentuk dan jenis wajah terlebih dahulu sebelum membentuk alis. Berikut berbagai bentuk alis terbaik untuk berbagai tipe wajah menurut Bailey:

1. Bentuk Alis Lurus

Alis Lurus
Alis Lurus (Sumber: Instagram/@emilychengmakeup)

Menurut Bailey, bentuk alis lurus tanpa sudut dramatis membuat efek mata yang lebih cerah dan bersinar. "Wajah menawarkan tiga penampilan berbeda, mulai dari dahi ke alis, alis ke bibir dan bibir ke dagu. Akibatnya jadi kurang fokus, Bentuk alis lurus mampu membuat publik lebih fokus ke area mata yang tampak lebih bersinar," urainya.

2. Bentuk Alis dengan Sudut 2/3

Beyonce
Alis 2/3 (Sumber: Instagram/@beyonce)

Segala tren yang berkaitan dengan Beyonce membuat publik tergoda untuk mengikutinya. Termasuk di antaranya adalah alis dengan sudut 2/3. Namun Bailey menegaskan bahwa alis seperti Beyonce hanya cocok diaplikasikan pada tipe wajah oval. "Orang dengan wajah oval memiliki proporsi wajah yang sudah sempurna. Bentuk alis yang berani menyempurnakan penampilan seperti itu," jelasnya. Bentuk sudut 2/3 seperti itu juga memberi efek tulang pipi yang lebih tinggi.

3. Bentuk Alis Runcing

Alis Runcing
Alis Runcing (Sumber: Instagram/gemma_chan)

Pesohor perempuan dengan tulang rahang menonjol kerap memilih alis dengan bentuk runcing. Bentuk alis dengan ekor setipis mungkin bagus diaplikasikan pada wajah berbentuk hati. Menurut Bailey, bentuk alis runcing akan membuat wajah berkarakter seperti Angelina Jolie atau Gemma Chan lebih lembut dan halus.

4. Bentuk Alis Tipis

Alis tipis
Alis tipis (Sumber: Instagram/@marywilesmakeup)

Jika di tahun 90an alis tipis begitu diminati, sekarang justru banyak orang yang ogah tampil dengan alis tipis. Padahal sah-sah saja loh kalau kamu pengin tampil minimalis dengan alis tipis. Bailey mengatakan bahwa ketebalan alis seseorang harus proporsional dengan bentuk wajah. "Jika kamu memiliki mata dan hidung yang kecil alis yang lebih tipis biasanya membuat fitur wajahmu terlihat lebih baik dan manis," terangnya.

5. Bentuk Alis Melengkung

Alis melengkung
Alis melengkung (Sumber: Instagram/@kateydenno)

Bentuk alis melengkung dikenal pula dengan istilah "alis S" karena bentuknya yang sedikit turun ke bawah dan melengkung naik. Bailey merekomendasikan bentuk alis dengan ujung turun ke bawah ini untuk orang-orang yang memiliki wajah bulat atau persegi. "Bentuk alis ini menciptakan ilusi wajah yang lebih panjang," jelasnya.

6. Bentuk Alis Tebal dan Pendek

Alis tebal dan pendek
Alis tebal dan pendek (Sumber: Instagram/@arianagrande)

Jika kamu memiliki wajah yang mungil, alis panjang akan memberi kesan terlalu kuat padamu. Untuk itu Bailey melihat bahwa penting untuk menjaga alis tetap terlihat tebal namun sedikut lebih pendek. "Alis yang pendek mengisi wajah yang mungil sementara ketebalannya membuat penampilan terlihat lebih muda," tukasnya.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH