Mabes Polri Ungkap Tahapan Jelang Pembentukan Badan Humas Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)

Merahputih.com - Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Muhammad Iqbal mengaku diperintahkan Kapolri Jendral Idam Azis untuk mengembangkan Divisi Humas Polri menjadi lebih besar.

"Bahwa saya selaku Kadiv Humas diperintahkan untuk mengembangkan divisi Humas menjadi badan Humas," katanya di gedung Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Senin (16/12).

Baca Juga:

Berubah Jadi Badan, Humas Polri Bakal Dipimpin Jenderal Bintang Tiga

Iqbal menuturkan jika Divisi Humas berubah menjadi Kabahumas, maka secara otomatis melakukan penyusunan naskah akademik.

"Bapak kapolri memerintahkan kembali Asisten Perencanan (Asrena) dan tim untuk mengkaji lebih lanjut, karena ini nantinya akan panjang secara internal kan ada Asrena ada juga Assdm polri, dukungan anggaran. karena ini pengembangan organisasi," ungkapnya.

Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)
Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Mohammad Iqbal. (Foto: MP/Kanugrahan)

Jika Div Humas menjadi Badan humas disetujui, maka Kabahumas akan berpangkat bintang tiga. "Nanti kalau itu disetujui, kabahumasnya akan berpangkat bintang tiga, ini juga kan masih konsep nanti juga ada wakabahumas dan enam Pati bintang satu," ucapnya.

Iqbal menerangkan jika Badan Humas Polri terbentuk maka dibawahnya ada beberapa direktur seperti, Direktur Penerangan, Direktur Informasi, Direktur Pemberitaan, ada Direktur kemitraan dan setiap direktur ada Karo ada dua, karorenmil dan karobinops.

"Karena Humas nanti bukan lagi bantuan fungsi utama. tetapi menjadi fungsi utama. Akan ada operasi kepolisian terpusat mabes polri yang akan create oleh Humas. seperti operasi zebra, operasi narkoba, operasi binmas," tuturnya.

Baca Juga:

Merajut Kebhinekaan Dalam Kadiv Humas Polri Cup 2019

Selain itu, pengembangan juga bakal dilakukan di tingkat bawah sampai Polres. "Jadi direktur humas di Polda. Dibawahnya ada kasubdit, di polres kita harapkan menjadi kepala satuan, jadi kita berevolusi bermetamorfosa menjadi fungsi operasional karena lingkungan strategis meghendaki itu," jelas Iqbal.

Ia menuturkan, perkembangan ini sesuai dengan tuntutan masyarakat. "Kami ini kan pelayanan dan pengayom dan pelindung. kita harus tau perkembangan di masyarakat secara visioner kedepan," jelas Iqbal seraya memastikan perubahan ini bakal berlangsung secepatnya. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH