Mabes Polri Ungkap Polisi Diraja Malaysia Tengah Usut Kasus Surat Suara Tercoblos Karopenmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: humas.polri,go.id)

MerahPutih.Com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tengah bekerja sama dengan Polisi Diraja Malaysia guna mengusut dan menyelidiki kasus surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia.

Karopenmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan terkait pengusutan tersebut, pihaknya belum bisa menjelaskan teknis penyelidikan namun bersama KPU sudah berkoordinasi dengan kepolisian Malaysia.

"Hasil rapatnya saya belum dapat. KPU sudah berkoordinasi dengan SLO, KPU minta kepolisian mengantarkan delegasinya ke lokasi di Selangor. Selesai mengantarkan ke lokasi, baik di lokasi penyimpanan dokumen yang ada, baru melaksanakan rapat gabungan dengan PDRM," terang Dedi dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (12/4).

Ilustrasi surat suara Pemilu 2019
Ilustrasi surat suara Pemilu 2019 untuk capres-cawapres (Foto: antaranews)

Lebih lanjut, Mabes Polri hanya menempatkan petugasnya sebagai tim asistensi, senior liaison officer (SLO)-nya di KBRI, tim dari KPU, tim Bawaslu, dan PDRM telah membahas hal ini dalam rapat.

"Polri di sana, dalam hal ini yang sudah dilakukan adalah mengantar dan mendampingi dari pihak KPU untuk cek lokasi dan melihat dokumen-dokumen dan berkoordinasi dengan Kepolisan Malaysia," kata dia.

BACA JUGA: Prabowo Sindir Surat Suara Tercoblos di Luar Negeri Padahal Pemilu 2019 Belum Terlaksana

Erick Thohir Berharap Masyarakat Waspadai Hoaks Jelang Pemungutan Suara

Sinta Nuriyah dan Mahfud MD Ucapkan HUT Ke-20 INTI

Dedi menuturkan leading sector penanganan masalah ini tetaplah Bawaslu. Nantinya, Bawaslu akan mengasesmen apakah masalah ini termasuk pelanggaran pemilu, pidana pemilu, atau pidana umum.

"Tadi rapat bersama PDRM. Selesai itu nanti Bawaslu akan mengasesment," ucap Dedi.

Diketahui, beredar video amatir yang menunjukan surat suara sudah tercoblos. Surat suara itu dimuat dalam puluhan kantong. Diduga, hal ini terjadi di Selangor, Malaysia. Video ini beredar di WhatsApp dan media sosial lainnya.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH