Ma'ruf Sebut Tingkat Pengangguran di Indonesia Rendah Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin. (ANTARA)

MerahPutih.com - Cawapres RI 02, Ma'ruf Amin menyebut bahwa pemerintahan Jokowi mampu menurunkan pengangguran ke level terendah.

"Tingkat pengganguran kita sangat rendah, antara 5,30-5,13 persen, Terendah selama 20 tahun," kata Ma'ruf di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019).

Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin melambaikan tangannya saat mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat Capres Putaran Ketiga yang menampilkan hanya kedua Cawapres tersebut bertemakan Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

Rais Aam PBNU itu menuturkan pemerintah terus mendorong membangun infrastruktur untuk menopang kesejahteraan rakyat. Bukan hanya infrastruktur darat, laut, dan udara,. Bahkan, Ma'ruf menyebut pemerintah telah membangun Infrastruktur langit.

Menurut dia, yang dimaksud Infrastruktur langit adalah adanya satelit Palapa Ring.

"Infrastruktur langit yaitu melalui palapa ring, Sehingga tumbuh usaha start up, dan juga unicorn, bahkan Sebentar lagi akan ada decacorn," kata Ma'ruf.

Karena hal itu, seiring dengan kemajuan infrastruktur, sumberdaya manusia juga harus dikembangkan. Ma'ruf mengatakan, akan membuat generasi mudah siap untuk menghadapi tantangan 10 tahun mendatang.

"Menyiapkan anak-anak kita untuk hadapi tantangan 10 tahun mendatang. Generasi muda akan siap hadapi tantangan 10 tahun mendatang atau ten years Challenge," ujarnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2019, Jumlah angkatan kerja 133,94 juta orang (meningkat 2,39 juta dari jumlah angkatan kerja pada Februari 2017).

Foto: BPS

Dari 133,94 juta orang angkatan kerja: 127,07 juta orang bekerja dan 6,87 juta orang dikategorikan pengangguran.

Dari 6,87 juta orang, SMK menyumbang terbesar 8,92 persen. 8,92 persen turun dibandingkan agustus 2017 sebesar 11,41 persen. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH