Ma'ruf Amin Terkesima Saat Gus Sholah Pimpin Tebuireng

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 03 Februari 2020
Ma'ruf Amin Terkesima Saat Gus Sholah Pimpin Tebuireng
Gus Sholah (kanan) Foto: @sandiuno

Merahputih.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin melayat ke rumah duka K.H. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah di Mampang, Jakarta Selatan.

Ketua MUI non aktif ini tiba di rumah duka, Jalan Bangka Raya Nomor 2C, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2) sekitar pukul 05.20 WIB. Ma'ruf kemudian sempat menjadi Imam Salat Jenazah.

Baca Juga

BREAKING NEWS: Adik Gus Dur Meninggal Dunia

Ma'ruf mengatakan Gus Sholah adalah salah satu tokoh yang banyak mengabdikan diri terhadap masalah keagamaan dan meningkatkan kualitas para santri.

"Yang pasti beliau saat memimpin Tebuireng, pesantren itu menjadi maju, berkembang dan banyak perubahan besar dalam pembangunan pesantrennya. Selain menambah jumlah santri, juga ada kemajuan dengan dibangunnya pesantren sains," ujar Ma'ruf.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah). (MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Ma'ruf mengatakan Gus Sholah sangat intens menjalin kerukunan antar-agama Islam. Seperti menjalin hubungan antara NU dan Muhammdiyah.

"Dalam hal persaudaraan Islam beliau sangat intens bagaimana membangun ukuwah antar sesama umat islam, khususnya antara NU dan Muhammadiyah," jelas Ma'ruf.

Baca Juga

PBNU: Gus Sholah Gigih Perjuangkan Nilai Kemanusiaan

Ma'ruf menyebut almarhum juga senantiasa merajut hubungan kebangsaan. Ma'ruf menuturkan bahwa Gus Sholah selalu aktif dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dan beliau juga adik dari Gus Dur, selain melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Gus Dur, merajut kebangsaan dan demokrasi di negeri ini. Beliau orang baik dan banyak berkontribusi dalam mengelola kebangsaan hingga masalah pendidikan dan pembangunan SDM," kata dia. (Knu)

#Gus Sholah #PBNU #Pesantren Tebu Ireng
Bagikan
Bagikan