Ma'ruf Amin Kandidat Cawapres Jokowi Presiden Jokowi bersalaman dengan Ketua MUI Ma'ruf Amin (tengah) dalam seruan persatuan di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (16/5). (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Nama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin masuk sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang sudah dikantongi Joko Widodo (Jokowi) untuk maju dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Kiai Ma'ruf Amin malah menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh interest group," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy di Jakarta, Selasa (10/7).

Ketum PPP itu menjelaskan tokoh senior Nahdlatul Ulama (NU) itu sangat layak masuk dalam daftar sepuluh nama bakal cawapres Jokowi. Ma'ruf Amin, lanjut dia, merupakan tokoh yang bisa diterima oleh semua kalangan.

jokowi ma'aruf amin
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Ketua MUI Ma'ruf Amin (kanan). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

"Beliau pemimpin tertinggi NU karena (menjabat sebagai) rais aam, (diterima) ormas-ormas Islam karena ketua umum MUI, dan penyambung lidah ke grup 212," kata Rommy, sapaan akrabnya, dikutip Antara.

Apalagi, kata dia, Ma'ruf Amin juga guru besar bidang ilmu ekonomi muamalat syariah di UIN Maulana Malik Ibrahim dan pejabat Dewan Ekonomi Syariah Nasional. "Pengalaman Beliau luas karena pernah menjadi anggota DPR baik dari PPP maupun PKB," tandas Rommy.

Sebelumnya, Rommy mengungkapkan Jokowi sudah mengantungi sepuluh kandidat cawapres. Namun, Rommy sempay enggan menyebutkan nama-namanya, termasuk apakah dia ada di dalam daftar cawapres Jokowi itu. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH