Kiai Ma'ruf Bakal Temui Rizieq, Presidium 212: Masa Guru Sama Murid Gak Boleh Ketemu?

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Sabtu, 18 Agustus 2018
Kiai Ma'ruf Bakal Temui Rizieq, Presidium 212: Masa Guru Sama Murid Gak Boleh Ketemu?
Habib Rizieq Shihab. (MerahPutih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Presidium Alumni 212 (PA 212) menilai niat Bakal Cawapres Ma'ruf Amin bertemu Habib Rizieq Shihab (HRS) di Mekah, Arab Saudi, adalah sesuatu yang wajar. Mereka meminta pertemuan tersebut tidak perlu disalahpahami sehingga menimbulkan polemik baru di tanah air.

"Iya mungkin saja, apalagi Kiai Maruf dianggap guru oleh Habib Rizieq, masa pertemuan guru dengan murid enggak boleh," kata Ketua Umum (Ketum) PA212 Aminuddin saat dikonfirmasi, Sabtu (18/8).

Aminuddin mengimbau agar publik tidak buru-buru mencap rencana pertemuan tersebut terkait dengan politik sehingga menganggap kedua tokoh ulama ini berlawanan secara politik.

"Belum tentu ngomongin pencapresan barangkali ngomongin yang lain, misalnya soal pesantren atau hal lainnya terkait umat," tutur dia.

aminuddin
Ketua Umum Presidium Alumni 212 Aminuddin. Foto: MP/Fadhli

Sebelumnya, Jubir Persaudaraan Alumni 212 Habib Novel Bamukmin angkat bicara soal rencana pertemuan Ketua MUI yang juga Cawapres Kiai Ma'ruf dengan Rizieq di Mekah, Saudi Arabia. Menurut Novel, rencana pertemuan itu bukan hal yang luar biasa.

Novel pun tidak terkejut saat Bakal Cawapres Jokowi itu berencana menemui HRS saat menunaikan ibadah haji nanti. "Bukan hal yang baru KH Ma'ruf Amin dan HRS ini bertemu. Keduanya ini punya hubungan yang cukup dekat karena kiai Ma'ruf ini merupakan pelaku sejarah. Sama dengan Habib Rizieq,” kata dia saat dimintai keterangan, Kamis (16/8).

Maruf Amin
Ketua MUI Ma'ruf Amin. (Rizki Fitrianto)

Menurut Novel, Ma'ruf bersama dengan HRS melawan penista agama. Hingga akhirnya MUI mengeluarkan sikap keagamaan yang posisinya lebih tinggi dari fatwa, yaitu menyatakan Ahok telah menistakan agama Islam.

Terkait rencana pertemuan kedua tokoh agama itu, Novel tak mempermasalahkannya. Namun, dia menambahkan jika pertemuan tersebut untuk membicarakan soal dukungan kepada calon presiden petahana tentu harus dibicarakan lebih lanjut.

Novel pun meyakini Rizieq tidak akan mau diajak mendukung Jokowi. "Silakan masyarakat menentukan pilihannya," pungkas dia. (Fdi)

#Ma'ruf Amin #Rizieq Shihab #Presidium Alumni 212
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan