Ma'ruf Amin Bakal Diusulkan Jadi Ketua Dewan Pertimbangan MUI

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 15 September 2019
Ma'ruf Amin Bakal Diusulkan Jadi Ketua Dewan Pertimbangan MUI
Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin. (Antaranews)

Merahputih.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah berencana mengusulkan Kiai Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI. Usulan itu bakal dimunculkan dalam musyawarah nasional mendatang.

"Usulan itu tidak terlepas potensi dan kapasitas Kiai Ma'ruf yang sangat potensial untuk memperkuat MUI Pusat," ujar Ketua Umum MUI Jateng, Kiai Ahmad Darodji di Semarang (15/9).

Baca Juga:

SBY Ajak Masyarakat Dukung Jokowi-Ma'ruf

Menurut Ahmad, Kiai Ma'ruf Amin selama ini banyak memberi kontribusi dan perhatian yang besar dalam menguatkan eksistensi MUI Pusat.

Menurut dia untuk jabatan ketua dewan pertimbangan MUI tidak ada aturan dalam Aturan Dasar Aturan Rumah Tangga (AD-ART) yang melarang menempati posisi tersebut, meskipun yang bersangkutan menjadi pejabat negara.

Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA
Wakil Presiden terpilih, KH Ma'ruf Amin. Foto: ANTARA

Berbeda untuk jabatan ketua umum, kata dia, sesuai Aturan Dasar Aturan Rumah Tangga (AD-ART) MUI disebutkan bahwa bagi kader MUI yang menduduki jabatan negara tidak diperkenankan maju sebagai calon ketua umum, sehingga Kiai Ma'ruf Amin bakal terkena aturan tersebut.

Untuk saat ini, statusnya masih tetap Ketua Umum MUI Pusat yang akan berakhir pada saat diselenggarakannya Munas MUI yang dijawalkan awal tahun 2020.

Baca Juga:

Merujuk Gus Dur, Ma'ruf Amin Nilai Pendekatan Budaya Atasi Masalah Papua

"Hingga saat ini, Kiai Ma'ruf Amin tetap sebagai Ketua Umum MUI Pusat meskipun sudah menjadi Wapres terpilih yang akan dilantik pada Oktober 2019," ucap dia.

Ia menilai jabatan sebagai Ketum MUI Pusat ini tidak melanggar AD ART MUI. Terkait usulan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI, kata dia, MUI Jateng akan total mengusulkan posisi tersebut untuk Kiai Ma'ruf Amin. (*)

#Ma'ruf Amin #MUI
Bagikan
Bagikan