M Taufik Sindir Menteri PUPR soal Program Naturalisasi Sungai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik (Foto: Twitter/@taufikgerindra)

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik menyindir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono soal program naturalisasi sungai. Ia pun menyayangkan hal tersebut.

Politisi Partai Gerindra itu pun menyarakan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan untuk tidak memapaparkan program naturalisasi sungai kepada menteri kabinet Kerja tersebut.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik Foto: MP/Ponco

"Ah nggak, itu tidak perlu dijelasin. Dia (Menteri PUPR) mesti paham, menteri masa ga paham," kata Taufik di Jakarta Kamis (21/3).

Alasan Taufik Pemprov DKI tak perlu membeberkan programnya lantaran di pemerintah pusat juga memiliki program normalisasi dan naturalisasi sungai.

"Kan dlu juga ada naturalisasi, di pusat juga ada. Normalsiasi dan naturalisasi, mana yang perlu di normalisasi dan mana yang perlu di naturalisasi kan mestinya ada dong," tuturnya.

Taufik menuturkan sedianya naturalisasi 13 sungai yang berhubungan dengan Kali Ciliwung ialah urusan Pemerintah Pusat. Namun, belakangan pemerintah pusat, kata Taufik, malah mendesak DKI untuk mengurus sungai-sungai tersebut.

"Tanggung jawab Menteri PUPR itu loh 13 sungai, bukan tanggung jawab DKI. Tapi, dia beban buat masyarakat Jakarta. Mana kita ngomong sama menterinya. Karena menteri nggak urusin itu. 13 sungai punya siapa itu? Punya PU Pusat itu, tata air pusat, bukan punya kita, kita gabisa sentuh," jelasnya.

Taufik pun menjelaskan bahwa, naturalisasi itu membenahi sungai mengikuti alurnya. Sedangkan normalisasi diperbaiki lurus saja.

"Ini kan diikuti alurnya ada belok (naturalisasi) udah jelas. Gimana mau bangun infrastruktur bareng - bareng, urusan kali aja menteri PUPR masih beda, gimana antara normalisasi," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

Seperti diketahui, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menagih penjelasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait naturalisasi sungai. Sebab, kata Basuki, Pemprov DKI belum menjelaskan secara komprehensif soal naturalisasi yang dicetuskan Anies.

"Saya sudah bilang pak gubernurnya mas iki diundang yang datang stafnya dia nggak ngerti. Jadi kami mau undang lagi," kata Basuki Selasa (19/3). (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH