M. Taufik Sebut LRT Proyek Gagal, Pengamat: Pernyataan Keliru Pekerja mengerjakan proyek pembangunan stasiun layang MRT di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta, 9 Januari 2018. Fase I MRT Lebak Bulus-Bundaran HI memiliki panjang 15,7 kilometer. (ANTARA/Hafidz Mubarak

MerahPutih.com - Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno menyayangkan peryataan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik yang menyebut bahwa pembangunan kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) merupakan proyek gagal.

Karena, menurut dia, pembangunan transportasi kereta api ringan itu masih ada tahapan selanjutnya. Ia juga menyebut bahwa M. Taufik keliru jika proyek LRT dikatakan gagal lantaran jarak Veledrom-Kelapa Gading sangat dekat.

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno. (Ist)
Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno. (Ist)

Baca Juga:

Menaker: MRT Buat Stres Pekerja Berkurang

"Kalau tidak mau melanjutkan, itu baru dikatakan gagal," kata Djoko saat dikonfirmasi MerahPutih.com, Kamis (13/6).

Djoko melanjutkan, tahapan kelanjutan pembangunan LRT Jakarta saat ini ada ditongkat komando Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. "Tinggal, maukah gubernur yang sekarang melanjutkan (pembangunan LRT)," tutur Djoko.

Apalagi, menuturkan Djoko, kereta berbasis rel ini telah menjadi rencana induk jaringan moda transportasi Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

Baca Juga:

Anies Curigai Motif Politik DPRD Ketok Harga Tiket MRT Rp8.500

"LRT Jakarta merupakan bagian dari jaringan jalan rel Jabodetabek yang sudah masuk dalam rencana induk Jaringan Transportasi Jabodetabek," jelasnya.

Seperti diketahui, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik sebelumnya mengatakan proyek LRT dengan rute Velodrome-Kelapa Gading merupakan proyek yang gagal. Kegagalan itu terletak pada waktu, fungsi, dan efisien anggaran.

"Waktu pendirian LRT itu semua ngotot adalah untuk kepentingan Asian Games. Asian Games udah berlalu hampir setahun. LRT nggak jadi-jadi. jadi barang itu kalau gak bisa digunakan belum jadi namanya," tuturnya. (Asp)

Baca Juga:

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH