M Taufik: Jika Terpilih Jadi Cawagub, Riza Patria tak Perlu Mundur dari DPR Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria (tengah) dan Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik (kanan). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M. Taufik menegaskan bahwa Ahmad Riza Patria tidak perlu mundur dari anggota DPR RI jika ditetapkan calon definitif Wakil Gubernur DKI oleh panitia pemilih (panlih).

Saat ini Riza masih menjadi Wakil Ketua Komisi V DPR RI DPR RI periode 2019-2024.

Baca Juga

Terpilih Jadi Wagub DKI, Riza Patria Bakal Banyak Belajar dari Sandi

Taufik menuturkan tata tertib (tatib) cawagub DKI dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyebutkan Riza baru diwajibkan mundur dari anggota DPR setelah resmi terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI.

"Mundurnya setelah terpilih, sesuai ketentuan dalam Undang-Undang," kata Taufik Sabtu (1/2).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik. (MP/Asropih)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik. (MP/Asropih)

Tapi ungkapan Taufik itu bertolak belakang dengan Ketua Majelis Syuro DPW PKS DKI Abdurrahman Suhaimi, yang sempat menjadi anggota pansus cawagub DKI sebelumnya.

Ketika Ahmad Syaikhu belum diganti oleh Nurmansyah dan RIza dari kandidat calon pengganti Sandiaga Uno , Suhaimi menegaskan bahwa Ahmad Syaikhu harus mengundurkan diri dari anggota Parlemen Senayab tetap ingin menjadi calon wagub definitif.

Baca Juga

Cawagub PKS Minta Riza Patria Fokus Jadi Anggota DPR Saja

Keputusan ini harus diambil oleh kandidat yang menjabat sebagai anggota DPR saat proses verifikasi oleh panlih yang akan dibentuk nanti.

"Berdasarkan tatib yang sudah disusun, nanti panlih akan bertanya lagi kepada calon wagub. Kalau memilih tetap menjadi calon definitif, maka (Syaikhu) harus mengundurkan diri," kata Suhaimi. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH