M Iriawan Sebut Pilgub Jabar Bisa Jadi Inspirasi Pilpres 2019 Penjabat Gubernur Jabar M Iriawan (tengah) (Foto: MP/Ist)

MerahPutih.Com - Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 berlangsung aman, lancar dan damai meski sempat muncul kekhawatiran sejumlah pihak terkait munculnya gesekan antarwarga pendukung pasangan calon.

Dalam Pilgub yang mengantarkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai pemenang itu, tidak bisa dipungkiri ada kerja keras dan koordinasi yang bagus dari penjabat Gubernur Jabar M Iriawan. Dengan keberhasilan Jabar menggelar Pilkada yang aman dan damai, M Iriawan menyatakan hal itu bisa menjadi inspirasi Pilpres 2019.

"Alhamdulillah pada Pilgub Jabar yang dilaksanakan tanggal 27 Juni lalu, tidak ada peluru ditembakkan, tidak ada kaca pecah, dan tidak ada asap pekat mengepul, karena prosesnya berjalan tertib dan tanpa pertikaian," kata Iriawan, di Bandung, Minggu (12/8).

M Iriawan
M Iriawan memberikan keterangan kepada awak media di Bandung (Foto: MP/Ist)

Ditemui usai memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Pemilihan Umum 2019 dalam rangka pemutaran data Pilpres 2019, di kawasan Car Free Day Dago Bandung, Iriawan menuturkan, jika bercermin pada hasil Pilgub Jabar maka kondisi Jawa Barat harus tetap kondusif saat pelaksanaan pemilu tahun depan.

"Apalagi masyarakat Jawa Barat dikenal someah (ramah), sehingga diharapkan dapat membantu menjaga suasana yang kondusif," kata dia.

Oleh karena itu, Iriawan sebagaimana dilansir Antara kembali mengajak seluruh warga Jawa Barat untuk tetap bersatu, saling menghormati demi menjaga kondusivitas walaupun berbeda pilihan saat pelaksanaan pemilu nanti.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat beserta para komisioner lainnya yakni Nina Yuningsih, Ferdhiman Bariguna, dan Endun Abdul Haq.

Pada kegiatan sosialisasi disertai senam massal serta menampilkan ragam kesenian tradisional dan disaksikan warga.

Seluruh komisioner KPU Jawa Barat dalam acara sosialiasi tersebut mengajak seluruh warga yang hadir untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 dan menjaga kondusivitas walaupun berbeda pilihan.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Temani Jokowi ke RSPAD, Kaesang Ungkap Pembicaraannya dengan Sang Ayah



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH