Sains
Lupakan Mars, Bulan Bisa Menampung Manusia Bulan menyimpan cukup banyak oksigen dan zat pendukung untuk kehidupan. (Screenrant)

KETIKA tingkat CO2 di atmosfer meningkat yang menyebabkan krisis iklim global, banyak ilmuwan, insinyur, dan aktivis percaya bahwa dunia harus pindah ke Mars untuk menghindari skenario terburuk. Namun, sekarang ada data yang menunjukkan bulan menyimpan cukup banyak oksigen dan zat pendukung untuk kehidupan yang bisa menyelamatkan Bumi dari ulah buruk umat manusia.

Seperti dikabarkan Screenrant, tantangan terbesar yang harus dihadapi jika ingin hidup di Mars ialah menemukan bahan yang kita butuhkan untuk menopang kehidupan. Sejumlah kecil atmosfer Bumi telah bocor ke ruang antarbintang selama miliaran tahun dan menyimpan sejumlah besar sumber daya molekuler di permukaan bulan.

BACA JUGA:

Rencana Terbaru NASA, Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Bulan

Ketika dimanfaatkan dengan benar, bulan dapat menyediakan oksigen yang dibutuhkan umat manusia untuk menopang kehidupan di masa mendatang.

Menurut para peneliti, Bumi telah mengeluarkan sejumlah kecil atmosfer ke magnetosfer setiap hari. Magnetosfer bergerak melalui gravitasi di sekitar planet. Bulan masuk ke magnetosfer per lima hari di setiap bulan. Momen itu memberikan tetangga terdekatnya sebuah jendela untuk mengambil mineral seperti nitrogen, hidrogen, silikon, dan yang paling penting oksigen.

bulan
Regolith bulan mengandung 45 persen oksigen pada kedalaman 10 meter. (Screenrant)

Proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga para ilmuwan mengklaim kerak bulan telah mengumpulkan sejumlah besar oksigen yang berpotensi bisa digunakan umat manusia. Regolith bulan mengandung 45 persen oksigen pada kedalaman 10 meter yang cukup untuk menopang semua kehidupan di Bumi saat ini selama 100 ribu tahun.

Seperti yang telah ditunjukkan banyak insinyur, manusia tidak bisa hanya menghirup bebatuan di Bulan. Menghapus oksigen dari permukaan bulan untuk digunakan manusia membutuhkan banyak energi, tenaga, dan sumber daya. Untungnya, proses ekstraksi oksigen dan molekul lain dari mineral, yang dikenal sebagai elektrolisis, sudah ada dan sedang digunakan untuk produksi di Bumi.

angkasa luar
Layanan Aplikasi Angkasa Luar akan mengirim tiga reaktor surya eksperimental ke bulan pada 2025. (Unsplash Ammar ElAmir)

Program Artemis NASA telah bekerja sama dengan dengan Badan Antariksa Australia mengirim penjelajah bulan untuk mengumpulkan dan mengekstrak oksigen dan molekul lain dari batuan bulan pada awal 2026.

Upaya kecil NASA akan menjadi model untuk membangun fasilitas manufaktur yang lebih besar di masa depan serta mengembangkan cara untuk memanen sumber daya lain di bulan. Sumber daya itu bisa digunakan untuk membuat bahan bakar roket dan aset penting misi lainnya.

Rintangan besar lain untuk memanfaatkan bulan ialah proses ekstraksi oksigen dari regolith. Layanan Aplikasi Angkasa Luar, yang merupakan perusahaan rintisan Belgia, mengumumkan mereka akan mengirim tiga reaktor surya eksperimental ke bulan pada 2025. Ketiga reaktor itu untuk memberi daya pada proses elektrolisis dan membuka pintu ke sistem energi bulan.(frs)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Positif COVID-19, Doja Cat Mundur dari Jingle Ball Tour
ShowBiz
Positif COVID-19, Doja Cat Mundur dari Jingle Ball Tour

Ia sangat sedih tidak bisa berada di acara itu.

Busana Terbaik dari Karpet Merah Grammy Awards 2021
Fashion
Busana Terbaik dari Karpet Merah Grammy Awards 2021

Berikut deretan pakaian paling berkesan di karpet merah Grammy Awards 2021.

Menparekraf Dukung Penuh Restorasi Terumbu Karang
Fun
Menparekraf Dukung Penuh Restorasi Terumbu Karang

Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung penuh program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Restorasi Terumbu Karang.

WhatsApp Luncurkan Fitur Foto dan Video Lihat Sekali
Fun
WhatsApp Luncurkan Fitur Foto dan Video Lihat Sekali

Video yang dikirim hanya bisa dilihat sekali oleh penerima.

Ilmuwan Ubah Botol Plastik Menjadi Penyedap Rasa Vanila
Fun
Ilmuwan Ubah Botol Plastik Menjadi Penyedap Rasa Vanila

Penelitian ini dilakukan karena semakin banyak perhatian yang tertuju pada fakta bahwa sistem daur ulang plastik saat ini tidak melakukan seperti apa yang diklaimnya.

Trailer Baru ‘Money Heist 5’ Bikin Makin Penasaran
ShowBiz
 Atta Halilintar Bagikan Tips Ampuh Menangkal Hoaks
ShowBiz
Atta Halilintar Bagikan Tips Ampuh Menangkal Hoaks

Hoaks sering beredar, ikuti tips dari Atta ini.

Kampanye Body Positivity, Marshanda Ajak Cintai Diri Sendiri
Fun
Kampanye Body Positivity, Marshanda Ajak Cintai Diri Sendiri

Kampanye ini ia lakukan untuk menerima dirinya sendiri yang mengalami kenaikan berat badan

Cara Menghindari Jerat Quarter Life Crisis
Fun
Cara Menghindari Jerat Quarter Life Crisis

Banyak perubahan terjadi akibat peralihan dari masa remaja menuju kehidupan dewasa yang sesungguhnya.

Urunan Bantu Pasien Isolasi Mandiri COVID-19
Hiburan & Gaya Hidup
Urunan Bantu Pasien Isolasi Mandiri COVID-19

Sayangnya, tidak semua orang bisa menjalani isolasi mandiri dengan nyaman.