Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara, Jokowi: Ayo Ikut Saya, Selamat Datang di IKN

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 28 Oktober 2022
Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara, Jokowi: Ayo Ikut Saya, Selamat Datang di IKN
Presiden Jokowi meluncurkan platform dunia digital Jagat Nusantara di Jakarta, Jumat (28/10/2022). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo meluncurkan platform media sosial generasi mendatang berupa dunia virtual. Aplikasi yang diberi nama Jagat Nusantara dirilis di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (28/10).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya luncurkan Jagat Nusantara," kata Jokowi dalam peluncuran platform Jagat Nusantara, di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Hak Guna Bangunan 160 Tahun di IKN Diberikan Secara Bertahap

Sebagai informasi, Jagat Nusantara merupakan platform digital lokal berbasis interaksi sosial di dunia virtual yang dihadirkan PT Avatara Jagat Nusantara yang dapat diakses publik melalui situs dan aplikasi mobile.

Jagat Nusantara merupakan platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN). Publik dapat membuat avatar sendiri dan masuk dalam dunia virtual untuk berinteraksi dengan pengguna lain.

Kepala Negara tidak menyampaikan sambutan pada acara tersebut. Namun, panitia Jagat Nusantara memutar video Jagat Nusantara dengan avatar Presiden mengajak para pengguna lain masuk ke dunia virtual. Dalam video tersebut avatar Jokowi mengajak para pengguna lain berkumpul di dunia virtual Ibu Kota Nusantara.

"Ayo ikut saya. Selamat datang di Ibu Kota Nusantara. Di sini kita dapat berkumpul, berkreasi dengan saudara-saudara kita," tutur Jokowi.

Baca Juga

Jokowi Kunjungi Titik Nol IKN Nusantara Pakai KRI Escolar 871

Jokowi kemudian mengatakan di dunia virtual IKN, para pengguna bisa berkesempatan bertemu orang-orang hebat, memperkenalkan produk-produknya secara nasional maupun global.

Selain itu para seniman Tanah Air bisa menikmati hasil dengan menggelar konser musik.

"Ini akan menjadi pengalaman seru. Ayo generasi muda, mari kita bangun Ibu Kota Nusantara bersama-sama melalui inovasi dan kreativitas kita," kata Jokowi.

Sementara itu, Co-Founder dan CEO Jagat Barry Beagen menyatakan melalui Jagat Nusantara pengguna dapat memanfaatkan jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng film, konser virtual, pertunjukan dan "showcase" karya digital, dan interaksi lainnya secara imersit, baik melalui telepon genggam ataupun web.

Kata dia, Jagat Nusantara akan dikembangkan secara bertahap dengan mengumpulkan berbagai masukan dan menganalisis perilaku in-app dari pengguna untuk membuat lebih banyak inovasi di jagat sebagai platform yang inklusif yang dapat memenuhi kebutuhan ekspresi masyarakat Indonesia.

Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio menyampaikan pihaknya akan terus mengembangkan platform Jagat Nusantara. Dia berharap generasi muda bisa ikut dalam platform itu sebelum dan sesudah IKN terbentuk. (*)

Baca Juga

Jokowi Janjikan Pusat Ekonomi Baru IKN Terbangun di Juni 2023

#Presiden Joko Widodo #Presiden Jokowi #IKN Nusantara
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan