Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Jadi Benda Seni Abad ke-20 Termahal Karya cetak sablon Shot Sage Blue Marilyn merupakan bagian dari kumpulan potret Monroe. (Foto: Instagram/andywarhol_archieve)

SALAH satu karya ikonik Andy Warhol yang menampilkan potret Marilyn Monroe telah menjadi benda seni abad ke-20 termahal yang pernah dibuat.

Karya berjudul Shot Sage Blue Marilyn berukuran sekitar 100 sentimeter persegi, salah satu dari lusinan gambar yang dibuat oleh seniman Monroe pada tahun 1960-an, terjual dengan harga USD 195 juta (lebih dari Rp 2,8 triliun) di Balai Lelang Christie, New York Senin malam (9/5).

Sebelum penjualan, pihak Christie menggambarkan Shot Sage Blue Marilyn sebagai salah satu gambar paling langka dan paling transenden yang pernah ada. Karye tersebut sebelumnya telah ditampilkan di galeri termasuk Museum Guggenheim di New York, Centre Pompidou di Paris dan Tate Modern London. Rumah lelang awalnya mengatakan pihaknya mengharapkan penjualan mencapai sekitar USD 200 juta (sekitar Rp 2,9 triliun).

Baca juga:

Pop Art 'Shot Marilyn' Karya Andy Warhol Diprediksi Terjual Rp 2,8 Triliun

Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Jadi Benda Seni Abad ke-20 Termahal
Rekor lelang untuk karya Warhol sebelumnya dipegang oleh 'Silver Car Crash (Double Disaster)' seharga USD 105 juta. (Foto: The Art Wolf)

Reproduksi warna-warni Warhol dari potret foto Monroe, awalnya merupakan publisitas dari film sang aktris pada 1953, Niagara. Benda seni ini merupakan salah satu karya Warhol yang paling dikenal, di samping lukisan khasnya yang menampilkan kaleng sup Campbell.

Menggunakan teknik yang disebut sablon sutra, yang menduplikasi gambar di atas kertas atau kanvas menggunakan lapisan sutra halus seperti stensil, Warhol mulai membuatnya pada tahun 1962, tak lama setelah kematian Monroe.

Seperti penggambaran tokoh-tokoh terkenal lainnya, termasuk Elvis Presley dan pemimpin Cina Mao Zedong, artis Pop itu menciptakan banyak versi potret Monroe dalam berbagai warna dan konfigurasi yang berbeda.

Di antara yang paling terkenal adalah Marilyn Diptych, yang dimiliki oleh grup galeri Inggris Tate, yang melihat Warhol mencetak grid 50 potret di dua kanvas. Di tempat lain, Gold Marilyn Monroe milik Museum of Modern Art menampilkan satu gambar yang dicetak dengan latar belakang emas, sementara Shot Marilyns menampilkan gambar bintang itu yang telah ditebak pada kepala dengan peluru oleh Warhol.

Pada 1964, Warhol mengembangkan proses baru yang lebih halus dan intensif yang berlawanan dengan produksi massal yang sangat dikuasainya, menurut Christie. Tahun itu, warhol membuat potret dalam jumlah terbatas, salah satunya karya langka Shot Sage Blue Marilyn, sebelum dia meninggalkan teknik tersebut.

Baca juga:

Sejumlah Karya Picasso Laris Dilelang Seharga Rp 1,4 Triliun

Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Jadi Benda Seni Abad ke-20 Termahal
Andy Warhol mulai membuat lukisan itu pada 1962, tak lama setelah kematian Monroe. (Foto: Times Now)

Rekor lelang untuk karya Warhol sebelumnya dipegang oleh Silver Car Crash (Double Disaster), yang menggambarkan kehancuran akibat tabrakan di jalan dan terjual lebih dari USD 105 juta (Rp 1,5 triliun) hampir satu dekade lalu.

Beberapa gambar Marilyn dari seniman lain juga telah menarik banyak uang di lelang dalam beberapa tahun terakhir, dengan White Marilyn tahun 1962 terjual seharga USD 41 juta (Rp 595 miliar) di New York pada tahun 2014.

Sementara itu, Shot Sage Blue Marilyn dimiliki oleh galeri dan kolektor terkenal sebelum dibeli oleh mendiang dealer seni Swiss Thomas Ammann. Potret itu ditawarkan untuk dilelang oleh Thomas and Doris Ammann Foundation Zurich, organisasi amal yang didirikan atas namanya (dan saudara perempuannya), yang akan menggunakan hasilnya untuk mendanai program kesehatan dan pendidikan untuk anak-anak di seluruh dunia, menurut siaran pers yang diberitakan CNN.

Karya seni itu adalah salah satu dari empat koleksi Warhols di Ammanns yang dijual di lelang Senin (9/5) malam. Salah satu lukisan silkscreen Flower-nya yang terkenal berharga USD 15,8 juta (Rp 229 miliar), dan GE/Skull yang ia ciptakan bekerja sama dengan mendiang Jean-Michel Basquiat, terjual lebih dari USD 4,6 juta (Rp 67 Miliar). Sementara itu, patung Warhol Heinz Tomato Ketchup Box terjual lebih dari USD 478 ribu (Rp 6,9 miliar).

Dalam pernyataan pers sebelum penjualan, ketua seni abad ke-20 dan ke-21 Christie Alex Rotter, menggambarkan karya tersebut sebagai puncak karya pop Amerika dan lukisan abad ke-20 paling signifikan yang akan dilelang dalam satu generasi.

"Bersanding bersama Birth of Venus karya Botticelli, Mona Lisa karya Da Vinci, dan Les Demoiselles d'Avignon karya Picasso, Marilyn karya Warhol adalah salah satu lukisan terhebat sepanjang masa," demikian Alex Rotter. (aru)

Baca juga:

Berlian Hitam 555,55 Karat yang Diyakini dari Luar Angkasa akan Dilelang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ternyata Pria Lebih Suka Main Gim Ketimbang Tidur
Fun
Ternyata Pria Lebih Suka Main Gim Ketimbang Tidur

Ternyata bermain gim sampai larut malam memiliki dampak seperti kanker, penyakit jantung.

Cara Mengatur Keuangan First-Time Mom Ala Chef Devina Hermawan
Fun
Cara Mengatur Keuangan First-Time Mom Ala Chef Devina Hermawan

Chef Devina Hermawan membagikan tips mengatur keuangan.

Teaser Film 'Jagat Arwah' Tarik Perhatian Jutaan Penonton
ShowBiz
Teaser Film 'Jagat Arwah' Tarik Perhatian Jutaan Penonton

Teaser yang ditampilkan sangat kental akan suasana horor.

Mengelola Kecemasan Selama Liburan
Fun
Mengelola Kecemasan Selama Liburan

mereka masih menderita kekhawatiran yang berlebihan, stres, dan kadang-kadang pikiran obsesif.

Beragam Keuntungan NFT Noah-DekadeXperience
Fun
Beragam Keuntungan NFT Noah-DekadeXperience

NFT Noah-DekadeXperience bukan hanya sekadar tiket konser biasa.

5 Jenis Aset Kripto Paling Banyak Diminati Investor Indonesia
Fun
5 Jenis Aset Kripto Paling Banyak Diminati Investor Indonesia

Ada beberapa jenis aset kripto yang banyak diminati investor Indonesia.

Denis Villeneuve: Sekuel 'Dune' Lebih Megah di Sisi Cerita dan Visual
ShowBiz
Denis Villeneuve: Sekuel 'Dune' Lebih Megah di Sisi Cerita dan Visual

Sutradara untuk Dune siapkan cerita dan visual yang megah di film sekuelnya.

Atlus Imbau Pemain Tidak Beri Spoiler 'Persona' Terbaru
Fun
Atlus Imbau Pemain Tidak Beri Spoiler 'Persona' Terbaru

Pemain 'Persona' tidak boleh membocorkan seperti apa ending game ini.

Banyak Jalan Menuju Bahagia
Fun
Banyak Jalan Menuju Bahagia

Setiap orang pasti ingin selalu merasa bahagia.

Arsitek PlayStation Masayasu Ito Tinggalkan Sony Interactive Entertainment
Fun