Luhut Tegaskan Prabowo Tak Punya Lahan di Kalimantan Timur Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan terkait lokasi ibu kota baru Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan Prabowo Subianto tidak punya lahan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutainegara Provinsi Kalimantan Timur, lokasi yang merupakan ibu kota baru.

"Kami sudah cek ke Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang). Tidak ada lahan atas nama Prabowo di lokasi ibu kota baru," ujar Luhut saat ditemui MerahPutih.Com ketika meninjau Maajid Taman Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8).

Baca Juga:

Pangeran UEA Tertarik Bangun Masjid di Solo, Luhut Tawarkan Masjid Taman Sriwedari

Luhut mengatakan Kementerian ATR telah melakukan perhitungan matang dalam memilih lokasi ibu kota baru. Ia meyakini kebijakan Jokowi dalam menentukan lokasi ibu kota baru telah melalui studi matang.

Luhut tinjau pembangunan Masjid Taman Sriwedari di Solo
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan meninjau pembangunan Masjid Taman Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8). (MP/Ismail)

"Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) melakukan studi di lapangan dengan baik dan secara komprehensif. Dari situ kemudian keluar hasil pengumuman lokasi ibu kota baru," papar dia.

Baca Juga:

TNI Unggul Aspek Pertahanan Hutan, Kaltim Dijamin Lebih Aman Ketimbang Jakarta

Luhut menambahkan mengenai kelayakan lokasi, pendanaan dan legalitasnya juga sudah dimatangkan Kementerian ATR. Tanah loksi ibu kota nihil dari milik perorangan termasuk Prabowo.

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan bersama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Solo
Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan bersama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Solo (MP/Ismail)

"Saya jamin tida ada tanah milik perorangan yang menguasai di lokasi ibu kota baru Indonesia," tutup Luhut.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Bukan Presiden, Jadi Tidaknya Pemindahan Ibu Kota Ditentukan DPR



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH