Luhut Instruksikan Jemput Semua Pasien Isoman ke Selter Terpadu

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 06 Agustus 2021
Luhut Instruksikan Jemput Semua Pasien Isoman ke Selter Terpadu
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat memantau pelaksanaan kegiatan vaksinasi COVID-19 di kantor Bupati Sleman, Jalan Parasamya, DIY. (Foto: MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan mendorong warga positif COVID-19 yang tengah isolasi mandiri (isoman) di rumah dipindahkan ke selter isolasi terpadu (isoter). PIhaknya meminta Bhabinkamtibnas ikut terjun membantu pemkab menjemput warga.

"Seluruh anggota kodim, polres kita dorong buat door to door cari yang isoman. Pindah semua ke isoter," tegas Luhut saat mengunjungi kegiatan vaksinasi COVID-19 di Pemkab Sleman, DIY, Jumat (6/8).

Ia pun mengajak masyarakat untuk membantu membujuk anggota keluarganya yang masih isoman untuk pindah ke selter. Lantaran pasien COVID-19 yang dirawat di isoter lebih mudah dipantau kondisi kesehatannya. Selain itu, mereka mendapat pasokan makanan dan obat-obatan dari pemerintah secara cuma-cuma.

Baca Juga:

Luhut Dorong Pemkab Sleman Tingkatkan Vaksinasi 15 Ribu Orang Per Hari

Luhut juga menginstruksikan Pemkab Sleman untuk segera memindahkan sekitar enam ribu warga positif COVID-19 yang tengah isoman di rumah.

"Saya sudah minta Ibu Bupati Sleman (Kustini Sri Purnomo) bawa yang isoman ke selter. Agar tidak menulari. Terutama yang lansia agar mudah ditangani secepatnya," kata dia.

Bupati Sleman melalui Sekretaris Daerah Pemkab Sleman Harda Kiswaya menyanggupi instruksi tersebut.

  Kegiatan vaksinasi COVID-19 di kantor Bupati Sleman, Jalan Parasamya, DIY. (Foto: MP/Teresa Ika)
Kegiatan vaksinasi COVID-19 di kantor Bupati Sleman, Jalan Parasamya, DIY. (Foto: MP/Teresa Ika)

Saat ini, pemkab sudah meminta puskesmas bekerja sama dengan satgas COVID-19 desa mendata dan meminta warga yang isoman rumah pindah ke isoter. Namun, perpindahan ini diutamakan untuk warga yang bergejala sedang dan memiliki komorbid.

"Karena keterbatasan tempat tidur, mereka yang akan dipindahkan ke isoter harus dapat rekomendasi dari puskesmas setempat. Saat ini, ada tiga isoter under pemkab yakni Asrama Haji, selter UII dan selter Gemawang," jelas Harda.

Baca Juga:

Kartu Vaksin COVID-19 Bakal Jadi Syarat Kegiatan di Tempat Umum

Baru-baru ini, Pemkab Sleman baru saja memindahkan 25 warga Bronggang Suruh, Kalurahan Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY yang positif COVID-19 ke Rusun ASN PUPR Maguwoharjo untuk menjalani isolasi terpadu. Tercatat ada 70 warga Bronggang Suruh yang positif COVID-19 usai dilakukan pemeriksaan massal.

Mereka dipindahkan pada Kamis (05/08) malam dengan lima ambulans BPBD Sleman. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga:

Penambahan Pasien Sembuh Lampaui Konfirmasi Positif COVID-19

#Luhut Panjaitan #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan