Luhut Hingga Para Eks Danjen Hadiri Penyerahan Satuan Kopassus, Prabowo Absen

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 23 Maret 2018
Luhut Hingga Para Eks Danjen Hadiri Penyerahan Satuan Kopassus, Prabowo Absen
Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono saat dilantik KSAD Jenderal Mulyono (Foto: tniad.mil.id)

Merahputih.com - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar dan Menko Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan menghadiri Upacara Penyerahan Satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dari Mayjen TNI Madsuni kepada Mayjen TNI Eko Margiyono di Lapangan Mako Kopassus, Jakarta Timur, Jumat (23/3).

Mayjen TNI Madsuni akan menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka (Sulut), sementara Mayjen TNI Eko Margiyono sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akmil.

Selain Agum Gumelar yang pernah menjabat Danjen Kopassus pada 1993-1994) dan Luhut yang pernah menjabat Dansat 81 Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus, nampak Irjen Mabes TNI Letjen TNI M Herindra Danjen Kopassus periode 2015-2016), Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar pernah menjabat Danjen Kopassus tahun 1983-1985, Letjen TNI Purn Tarub Danjen Kopassus (1992-1993), Letjen TNI Purn Syahrir MS Danjen Kopassus periode 1998-2000 serta mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Purn Budiman. Namun, dalam acara tersebut, Danjen Kopassus periode 1995-1998 Mayjen TNI (Purn) Prabowo Subianto tak hadir.

Upacara penyerahan satuan Kopassus itu ditandai dengan penembakan dua boneka oleh sniper dengan jarak sekitar 200 meter, disusul tembakan ke arah atas dan tiga kali ledakan suara bom.

Selang sesaat, sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang dikendarai oleh anggota Kopassus melintasi depan panggung utama.

Dilansir Antara, secara sporadis pasukan Kopassus berlarian dari segala arah menuju lapangan. Bahkan, sejumlah pasukan Sat 81 Gultor Kopassus turun dari atas gedung dengan menggunakan tali dan berlari menuju lapangan untuk melaksanakan upacara.

Acara penyerahan satuan Kopassus itu akan dimeriahkan terjung payung free fall, demo beladiri dan atraksi penaklukan ular kobra oleh sejumlah personil Kopassus. (*)

Bagikan
Bagikan