Luhut Hingga AHY Hadiri Haul Gus Dur Ke-9 Suasana haul Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan

MerahPutih.Com - Peringatan wafatnya (Haul) Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke-9 dihadiri tokoh agama hingga tokoh politik nasional. Haul Gus Dur Ke-9 digelar di kediaman keluarga di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (21/12).

Mengambil tema 'Yang Lebih Penting dari Politik adalah Kemanusiaan', kegiatan ini bermaksud mengingatkan peserta pemilu 2019 agar tak hanya sekadar berpolitik namun juga menegakkan nilai-nilai kemanusiaan.

"Situasi ini jelas mengkhawatirkan. Kita harus memberi pesan tegas kepada para calon presiden, calon legilatif, dan masyarakat luas bahwa politik bukan tujuan melainkan sarana dalam menegakkan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Bukan sebaliknya. Inilah pesan pokok almarhum Gus Dur," kata Ketua Panitia Haul Gus Dur, Alissa Wahid, Jumat (21/12).

Mahfud MD
Mahfud MD saat menghadiri Haul Gus Dur di Ciganjur (MP/Fadhli)

Alissa menjelaskan, tema tersebut juga diambil dari pernyataan Gus Dur semasa hidup. Sebagai tokoh agama dan pejuang demokrasi, Gus Dur juga dikenal orang yang gigih memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dan menolak kekerasan.

Haul ini, lanjut Alissa, juga hendak menyampaikan pesan penting mengenai agenda strategis dan jangka panjang bangsa Indonesia. Agenda strategis itu berupa tranformasi nilai-nilai kebaikan diantara persaingan nilai.

"Jika di sebagian masyarakat lebih memilih nilai bahwa menonjolkan kelompok, aliran dan agamanya, lalu abai dengan kepentingan bersama. Kita harus berjuang mendorong nilai kebersamaan sebagai bangsa dan sesama manusia," tambah Alissa.

Adapun tokoh-tokoh yang terpantau mengahdirkan Haul Gus Dur Ke-9 di antaranya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mantan Ketua MK Mahfud MD, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar, Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Agus Harimurti Yudhoyono, Mantan Ketua PSSI Agum Gumelar, Politisi senior PPP KH Maimun Zubair dan KH. Nur Iskandar, Tokoh agama Kristen Katolik Frans Magnis Suseno, Aktivis HAM Hendardi, dan Presiden Jancukers Sudjiwo Tejo.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: TGB Jadi Kader Golkar Jabat Korbid Keumatan dan Wakil Ketua Bappilu

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH