Luapan Kegembiraan dalam Lagu Papua E Mambo Simbo Lagu daerah Papua E Mambo Simbo. (Foto: Screenshot Youtube)

MerahPutih Budaya - Tanah Papua memiliki banyak lagu daerah terkenal. Sebut saja lagu "Apuse", "Ramko Rambe Yamko", dan banyak lagi. Di antara banyak lagu Papua terkenal itu, bahkan hingga ke luar negeri, salah satunya berjudul "E Mambo Simbo".

Lagu E Mambo Simbo merupakan lagu luapan kegembiraan. Hentakan alat perkusi dan petikan gitar membuat kita terbawa dalam suasana keriangan. Lagu ini sangat sederhana. Mambo Simbo merupakan kata yang selalu diulang. Tapi meski banyak pengulangan kata, lagu ini tidak akan bosan didengarkan.

Mengutip seorang travel blogger Olive Bendon dalam kompasiana, lagu E Mambo Simbo menceritakan tentang suka cita pertemuan seorang ayah dengan anaknya. Lagu ini berkisah tentang seorang ayah yang kehilangan anaknya bernama Mambo. Sang ayah keluar masuk kampung mencari sang anak hingga menemukannya di tengah hutan. Pertemuan ini kemudian dirayakan penuh suka cita dengan menari dan bernyanyi.

Ketika mendengar lagu E Mambo Simbo, seoalah menarik kita untuk bangkit ikut lebur dalam suasana kegembiraan. Mambo yaya yaya yaya e, e mambo yaya e...


Lirik lagu E Mambo Simbo;

E Mambo simbo e
E Mambo simbo

Mambo mambo e

E Mambo simbo e
E Mambo simbo

Mambo mambo e

Mambo yaya yaya yaya e
e Mambo yaya e

Mambo yaya yaya yaya e
e Mambo yaya e


BACA JUGA:

  1. Gambaran Nikmatnya Pempek dalam Lagu Sumsel Pempek Lenjer
  2. Cinta Tanpa Kebohongan dalam Lagu Sumsel Dek Sangke
  3. Berpantun Ria dalam Lagu Sumsel Cuk Mak Ilang
  4. Ajakan Melestarikan Adat Lampung dalam Lagu Cenggat Agung
  5. Lagu Cik Cik Periuk, Gambaran Sosial Masyarakat Kalbar Dahulu

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH