Luangkan Waktu Berjemur di Bawah Sinar Matahari, Dapatkan 3 Manfaat Ini! Deretan manfaat berjemur di bawah sinar matahari (Sumber: Insider)

HIDUP di negara dengan iklim tropis dan dilewati garis khatulistiwa membuat Indonesia mendapat begitu banyak keuntungan. Jika kita mau sedikit saja meluangkan waktu untuk menyapa matahari pagi, tentu takkan banyak orang yang harus jatuh sakit karena serangan virus COVID-19.

Staff Ahli Divisi Respirologi dan Penyakit Kritis, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Telly Kamelia, SpPd, KP menuturkan sinar matahari mengandung vitamin D alami. Vitamin D yang sering disebut sebagai vitamin sinar matahari ini diproduksi di kulit sebagai respon terhadap sinar matahari. Vitamin yang larut dalam lemak ini juga mencakup vitamin D-1, D-2, dan D-3.

Baca juga:

Virus Corona Sulit Tembus Indonesia Jika Kita Lakukan Ini

Lebih lanjut, Dokter Telly menuturkan bahwa sinar matahari yang melimpah dapat membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di tubuh. "Sinar matahari juga bagus untuk meningkatkan imunitas kita," tuturnya. Berikut sejumlah manfaat dari vitamin D dalam sinar matahari:

1. Melawan Penyakit

Corona virus
Berjemur di bawah sinar matahari dan ucapkan selamat tinggal pada flu (Sumber:Supply Chain Brain)

Teori Dokter Telly yang menjelaskan sinar matahari mampu membunuh kuman dan bakteri. Hal tersebut diperkuat oleh jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition Trusted Source tahun 2010. Dari hasil studi tersebut terungkap bahwa sinar matahari membantu mengurangi kemungkinan kita untuk terserang flu.

Sementara manfaat lain dari sinar matahari menurut Journal of the American Medical Association adalah mengurangi risiko multiple sclerosis. Adapun jurnal penelitian Circulation Trusted Souce mengatakan vitamin D dari sinar matahari juga mengurangi peluang kita terkena penyakit jantung.

2. Mengurangi Depresi

Depresi
Depresi berkurang saat berjemur di bawah sinar matahari (Sumber: Clinical Advisory)

Vitamin D memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan menangkal depresi. Dalam satu studi, para ilmuwan menemukan bahwa orang dengan depresi yang berjemur di bawah sinar matahari atau yang mengonsumsi suplemen vitamin D merasakan perkembangan positif. Dalam studi lain, para peneliti menemukan kekurangan vitamin D menyebabkan seseorang mengalami kecemasan dan depresi.

Baca juga:

Gaya Hidup Ini Dapat Singkirkan Virus Corona

3. Membantu Program Penurunan Berat Badan

lari
Olahraga di bawah sinar matahari efektif turunkan berat badan (Sumber: Pixabay)

Ingin menurunkan berat badan secara efektif? Lakukan olahraga di bawah sinar matahari pagi. Mereka yang mendapat vitamin D dari sinar matahari atau mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari mampu menurunkan berat badan lebih efektif dibandingkan mereka yang mengonsumsi suplemen plasebo. Vitamin D juga memiliki efek menekan nafsu makan. Vitamin D juga mengurangi risiko penyakit jantung pada mereka yang kelebihan berat badan.

Lalu, kapankah waktu terbaik untuk berjemur di bawah sinar matahari? Ada begitu banyak perdebatan tentang sinar matahari yang baik untuk tubuh. Sebagian orang meyakini waktu terbaik yakni antara pukul 08.00 hingga 10.00. Ada pula yang meyakini waktu terbaik yakni di atas pukul 10.00.

Penelitian yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Gerontologi di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo, Prof. Dr. Siti Setiadi SpPD-KGER menunjukkan intensitas ultraviolet B (UVB) yang diubah menjadi vitamin D dalam tubuh tertinggi pada pukul 11.00 hingga pukul 13.00. Namun ia menegaskan bahwa manfaat sinar matahari dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

"Jika ingin menurunkan berat badan maka bisa berolahraga di bawah sinar matahari selama 30 hingga 60 menit pada pukul 09.00 sementara jika ingin meningkatkan imunitas maka berjemur selama 15 menit dari pukul 10.00 hingga pukul 14.00 adalah waktu yang efektif," urainya.

Jadi saatnya ucapkan selamat tinggal pada masker wajah, cairan antiseptik, dan berbagai macam virus termasuk virus Corona. Waktunya berjemur!

Baca juga:

Bukan Masker, Ini Cara Ampuh Tangkal Virus Corona

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH