LRT Velodrome-Kelapa Gading Segera Beroperasi, Menhub: Angkutan Massal Adalah Suatu Keniscayaan Rangkaian LRT Jakarta (Doc. Jakpro)

Merahputih.com - Light Rail Transit (LRT) Jakarta dengan rute Kelapa Gading-Velodrome ditargetkan beroperasi pada Maret 2019.

Terkait pengoperasian LRT ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, masyarakat memang harus dirubah pola berkendaraannya dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum.

"Angkutan massal adalah suatu keniscayaan suatu kota besar, tidak mungkin kota besar itu tanpa angkutan massal," ujar Budi Karya Sumadi, Minggu (24/2).

Nantinya, LRT Jakarta ini memiliki panjang lintasan sekitar 5,7 kilometer dari Kelapa Gading-Velodrome. LRT akan melewati enam stasiun elevated atau layang yaitu Mal Kelapa Gading, Stasiun Kelapa Gading Boulevard, Stasiun Pulomas, Stasiun Pacuan Kuda, Stasiun Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur dan 1 Depo LRT.

Suasana proyek pembangunan LRT Jabodebek di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (26/3). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pembangunan LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome dibiayai sepenuhnya oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov DKI Jakarta. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai kontraktor pembangunan sekaligus nantinya akan menjadi operator LRT rute Kelapa Gading-Velodrome.

Ditjen Perkeretaapian Kemenhub telah melakukan pengujian sarana LRT Jakarta terhadap delapan trainset (16 sarana/kereta) yang akan dioperasikan. Dari delapan trainset tersebut, empat trainset telah terbit sertifikat pengujian oleh Ditjen Perkeretaapian dan empat trainset lainnya dalam proses penerbitan.

Berdasarkan waktu kerja dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, pada 4 Maret 2019 Ditjen Perkeretaapian akan melakukan penilaian aspek keselamatan tahap 2.

Lalu pada 11 Maret 2019, PT Jakarta Propertindo selaku pelaksana proyek melakukan proses izin usaha, izin operasi, PSO, penetapan tarif, dan permohonan operasi ke Gubernur DKI Jakarta. Jika proses tersebut berjalan lancar, maka LRT sudah bisa dioperasikan secara komersil pada 18 Maret 2019. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH