Fashion

Louis Vuitton Tampilkan Koleksi Terakhir Virgil Abloh

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 24 Januari 2022
Louis Vuitton Tampilkan Koleksi Terakhir Virgil Abloh
Virgil Abloh menjadi direktur kreatif Louis Vuitton. (Foto: Reuters)

ADA yang berbeda dari Paris Fashion Week kali ini. Rumah mode Louis Vuitton mempersembahkan karya terakhir perancang Virgil Abloh pada Kamis (20/1) sebagai bentuk penghormatan atas meninggalnya Abloh pada November 2021.

Mengutip laman The Guardian, Kamis (20/1), untuk koleksi terakhir ini ia menampilkan kembali ke masa kanak-kanak, dengan kepolosan dan kebebasan berekspresi yang belum dipengaruhi oleh konstruksi sosial hitam putih. Bertajuk Louis Dreamhouse, Abloh menggali esensi sebuah rumah, menciptakan koleksi memuat optimisme yang dikerjakan oleh sejumlah karyawan sejak awal kariernya.

Selain itu, ia juga menggabungkan warna-warna ceria dengan tekstur dan elemen-elemen tailoring seperti setelan bisnis dipadukan dengan motif kartun Grim Reapper.

Abloh merupakan perancang busana asal AS yang ditunjuk sebagai direktur kreatif Louis Vuitton dan mengenalkan streetwear, seperti hoodies dan sepatu kets di atas catwalk. DJ, seniman, sekaligus perancang multi-talenta itu meninggal pada November setelah berjuang melawan penyakit kanker cardiac angiosarcoma selama lebih dari dua tahun.

Baca juga:

Wow! Louis Vuitton akan Rilis Koleksi Pensil Warna Seharga Rp 12,5 Juta

Louis Vuitton Tampilkan Koleksi Terakhir Virgil Abloh
Salah satu karya terakhir Virgil Abloh. (Foto: BBC)

Pria kelahiran 30 September 1980 itu memilih untuk menanggung bebannya secara pribadi sejak didiagnosis pada 2019. Sambil terus berkarya di bidang mode, seni, dan budaya, Abloh menjalani berbagai perawatan yang menantang sendirian.

Perancang Dior Kim Jones juga turut hadir dalam acara untuk memberikan penghormatan kepada Abloh yang menggantikannya di pucuk pimpinan Louis Vuitton pada 2018 lalu.

"Ini akan sangat emosional. Virgil dan saya berkeliling dunia bersama. Saya merasa sangat beruntung telah mengenalnya. Rasanya tidak perlu lagi memikirkan apa saja yang sudah ia lakukan. Ia merencanakan segalanya dengan sangat sempurna hingga menit terakhir," kata Jones.

Baca juga:

Louis Vuitton Siap Rilis 'Louis: The Game'

Louis Vuitton Tampilkan Koleksi Terakhir Virgil Abloh
Koleksi Men's Fall-Winter 2022 dari Virgil Abloh. (Foto: Instagram/louisvuitton)

Louis Vuitton mempersembahkan pertunjukan koleksi Abloh sebanyak dua kali pada Kamis (20/1) untuk mengakomodasi banyaknya orang yang hadir dan mempertimbangkan protokol kesehatan.

Setelah kepergiannya, banyak spekulasi pengganti posisi Abloh di Louis Vuitton yang bermunculan. Nama-nama seperti Samuel Ross, Heron Preston, perancang Reebok Kerby Jean-Raymond, Grace Wales Bonner, bahkan Kanye West merupakan kandidat yang banyak dibicarakan.

Selain mempersembahkan koleksi terakhir Abloh, Louis Vuitton juga melelang 200 pasang sepatu kets Nike Air Force 1 yang dirancang Abloh dengan harga mulai dari USD 2.000 atau sekitar Rp 28,6 juta. Seluruh penghasilan akan disumbangkan ke yayasan Post-Modern yang mensponsori mahasiswa mode dari latar belakang Afrika dan Afrika-Amerika. (and)

Baca juga:

Layangan Eksklusif Louis Vuitton, Harganya Selangit

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan