Lotus Evija, Hypercar Bertenaga Listrik Pertama Dunia Hypercar Listrik Pertama di Dunia (Foto: Automobile Magazine)

MEMBAHAS mengenai hypercar mungkin kamu mengira hanya bisa menggunakan bahan bakar konvensional, namun itu semua dibantah oleh pabrikan mobil ternama, Lotus. Sebelumnya, hypercar listrik dari Lotus ini masih dirahasiakan dengan nama 'Tipe 130'.

Tetapi hypercar bertenaga listrik dari Lotus ini sudah diperkenalkan kepada publik pada tanggal 17 Juli 2019 dengan nama Lotus Evija. Seperti yang dilansir dari laman hypebeast, desain dari Lotus Evija ini sangat kental dengan ciri khas sportcar Lotus.

Baca juga:

10 Raja Mobil Terbaik di Dunia

Lotus Evija, Hypercar Bertenaga Listrik Pertama Dunia
Tampilan Lotus Evija (foto: KUTV)

Tidak hanya itu, Lotus datang dengan sangat mengejutkan karena mereka melewati kategori supercar dan langsung memasuki kelas hypercar. Mobil ini memiliki 2000 tenaga kuda, dan memiliki bobot 1,680 kilogram.

Baca juga:

Intip Kecanggihan dan Spesifaki Mobil Listrik Pertama Aston Martin, Rapide E

Sebagai kapasitasnya sebagi hypercar, Lotus Evija juga memiliki 1,700 newton meter torsi. Sehingga dapat diperkirakan hypercar listrik ini dapat melesat dari 0-300km/h dalam waktu 8.6 detik saja.

Lotus Evija, Hypercar Bertenaga Listrik Pertama Dunia
Bagian Belakang Lotus Evija (foto: TopGearMalaysia)

Phil Popham selaku CEO Lotus mengatakan, hypercar yang ditenagai empat motor listrik ini adalah mobil yang berbeda dari yang lainnya. Ini akan membangun kembali merek kami di hati dan pikiran para penggemar mobil sport dan kelas atasnya.

Baca juga:

Model Y, SUV Listrik Terbaru Tesla Segera Diperkenalkan

Lotus Evija, Hypercar Bertenaga Listrik Pertama Dunia
Interior Lotus Evija (foto: Caricos)

Lotus Evija ini baru diproduksi sebanyak 130 unit saja sebagai contoh, jadi mobil ini bisa dibilang sangat eksklusif. Lotus Evjia juga menggunakan tipe body monocoque (body dan rangka menyatu) dengan serat karbon yang sangat ringan. Lotus juga mengklaim bahwa waktu mengisi daya mobil listrik ini hingga penuh, hanya memerlukan sembilan menit saja.

Baca juga:

Volkswagen ID Buzz-T2, 'Camper Van' Listrik Nan Futuristik

Lotus Evija, Hypercar Bertenaga Listrik Pertama Dunia
Model Pintu Terbuka Lotus Evija (foto: AmenaAuto)

Dikabarkan hypercar listrik yang satu ini bisa digunakan sejauh 400 kilometer dari daya penuh. Lotus Evija ini dapat kamu miliki dengan merogoh kocek sebesar USD 2,1 juta atau setara dengan Rp29 miliar.

Baca juga:

Milenial Indonesia Harus Melek Teknologi Mobil Listrik

Masing-masing unit mobil Evija dibuat langsung di rumah Lotus di Hethel, Inggris. Dikabarkan Evija akan di rilis pada tahun 2020. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH