Otomotif

Lotus Eletre, Hyper-SUV dengan Segudang Teknologi Canggih

Soffi Amira PutriSoffi Amira Putri - Kamis, 31 Maret 2022
Lotus Eletre, Hyper-SUV dengan Segudang Teknologi Canggih
Lotus Eletre. (Foto: Lotus)

SPORTSCAR asal Inggris ini sudah mulai menampilkan wujud dari Sport Utility Vehicle (SUV) pada akhir Maret. Mobil tersebut diberi nama Lotus Eletre yang mengusung teknologi baterai listrik, kemudian diklaim sebagai hyper-SUV.

Meski menjadi hyper-SUV, Lotus mengeklaim bahwa pengalaman mereka selama 70 tahun dalam hal keunggulan pengendalian, pengendaraan, dan optimalisasi aerodinamika sudah menjadi paket di Eletre. Para desainer menggabungkan sports car Emira dan performa revolusioner mobil listrik Evija untuk menjadikan Eletre.

Baca juga:

Aston Martin Bakal Luncurkan Mobil Listrik pada 2023

Lotus Eletre dilengkapi dengan teknologi Connected dan sistem penggerak roda
Lotus Eletre dilengkapi dengan teknologi Connected dan sistem penggerak roda. (Foto: Lotus)

Selain sebagai hyper-SUV pertama, bagi Lotus merupakan kali pertama pula mengemas mobil dengan lima pintu masuk jalur produksi, serta punya teknologi ‘connected’. Keunggulan lain yang menjadi andalan adalah sistem penggerak empat roda.

Sebagai hyper-SUV bertenaga listrik, Lotus telah memasangkan baterai berkapasitas 100kWh dengan tenaga mulai dari 600 dk. Sistem pengisian ulang cepat 350kW, cukup butuhkan waktu 20 menit sudah bisa mengajak Eletre menempuh 400 km. Pengisian baterai penuh, jarak tempuh bisa mencapai 600 km. Ada pun pengisiannya menggunakan sumber AC 22kW dari listrik rumah. Eletre mampu melesat hingga 260 kpj, sementara untuk melaju 0-100 kpj hanya perlukan waktu di bawah 3 detik.

Electric Premium Architecture (EPA) digunakan sebagai basis produksi Eletre dengan ‘skateboard style’ berkekuatan 800v. Serta padukan arsitektur bermaterial aluminium dan high tensile steel untuk optimalkan kekakuan mobil. Perihal dimensinya, memiliki Panjang 5.103 mm, lebar 2.231 mm, dan tinggi 1.630 mm. Jarak sumburodanya 3.019 mm.

Baca juga:

Tips Pasang Lampu Variasi Mobil, Biar Aman dari Korsleting

Interior Lotus Eletre
Interior Lotus Eletre. (Foto: Lotus)

Dua motor listrik disematkan yang masing-masing memutar roda depan dan belakang. Diintegrasikan pula system gerak dengan tiga mode, untuk controller, reducer serta efficient, memungkinkan desainnya lebih kecil dan ringan, sebagai solusi Lotus.

Sedianya mobil listrik ini akan diproduksi di Wuhan, Tiongkok. Sedangkan para ahli yang tersebar di Tiongkok, Swedia, dan Jerman saling berbagi informasi untuk mengemas eksterior dan interior untuk diwujudkan oleh tim di Lotus Tech Creative Centre (LTCC) di Warwickshire, Inggris. Sementara itu, Light Detection and Ranging (LIDAR) menjadi teknologi pintar yang memberikan peningkatan kewaspadaan pengendara.

Bagi para peminat, sudah bisa melakukan pemesanan secara global di diler Lotus. Pengiriman perdana akan dilakukan pada tahun 2023 mulai dari Tiongkok, Inggris dan Eropa. (*)

Baca juga:

Bocoran Toyota GR Corolla yang Siap Meluncur Akhir Maret

#Otomotif #Mobil Listrik
Bagikan
Bagikan