Lotek Kalipah Apo 42: Tetap Legit Meski Telah Berganti Generasi Lotek Kalipah Apo 42 (MP/Rina Garmina)

Salah satu kuliner khas Kota Bandung yang wajib Sahabat Merahputih kunjungi saat berlibur di Kota Kembang adalah Lotek Kalipah Apo 42. Lotek ini juga termasuk kuliner legendaris yang ada sejak 1953.

Kini, di tahun 2017, kedai Lotek Kalioah Apo 42 tetap ramai dikunjungi pembeli, khususnya pada jam makan siang. Tak ada yang berubah dengan kedai ini. Lokasinya masih di Jalan Kalipah Apo Nomor 42 yang merupakan bangunan kolonial.

Yang berubah hanya metode penyajiannya. Dahulu, lotek diulek di cobek berukuran besar dan pembeli dapat melihat proses pengulekan bumbu kacangnya. Sekarang, resto ini mengusung konsep resto siap saji. Pengunjung yang datang dapat memilih makanan yang dipajang di balik etalase. Setelah itu, membayarnya di kasir. Pelayan yang akan mengantarkan makanan yang di pesan ke meja pembeli.

Lotek Kalipah Apo 42 (MP/Rina Garmina)
Lotek Kalipah Apo 42 (MP/Rina Garmina)

Soal rasa, lotek ini tak berubah walaupun telah berganti pengelola. Bumbu kacangnya tetap kental dan rasanya tetap legit. Kacangnya ditumbuk hingga benar-benar halus dan tak ada butiran kacang. Tesktur yang ada di dalamnya terdiri dari kol, tauge, kacang panjang, bayam, kangkung, dan nangka muda. Kemudian ada pula tempe dan lontong.

Lotek Kalipah Apo 42 (MP/Rina Garmina)
Lotek Kalipah Apo 42 (MP/Rina Garmina)

Rasanya, manis dan gurih. Aroma kencur juga cukup tajam. Selain lotek, Kedai Lotek Kalipah Apo 42 menawarkan pula menu nasi, kolak, dan aneka rujak serta asinan. Kedai ini buka dari Hari Rabu sampai Senin, pukul 09.00-16.30 WIB. Jika makan di sana berdua dengan pasangan, siapkan saja dana sebesar Rp50 ribu.

Artikel ini berdasarkan liputan Rina Garmina, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah Bandung dan sekitarnya.



Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH