Longsor Kembali Terjadi di Banjarnegara

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 24 Mei 2015
Longsor Kembali Terjadi di Banjarnegara
Ilustrasi bencana longsor Banjarnegara (Foto BBC)

MerahPutih, Nasional-Warga Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dikejutkan dengan tanah longsor kembali terjadi Minggu (24/5) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Sejak tadi pagi, longsor susulan terjadi sebanyak lima kali dan yang terbesar berlangsung pada pukul 10.10 WIB," kata Koordinator Posko Aju BPBD Banjarnegara, Andri Sulistyo kepada wartawan. Longsoran tersebut, menurut Andri, berasal dari mahkota atau ujung bekas longsoran yang terjadi pada tanggal 12 Desember 2014.

Longsoran itu bergerak sejauh 40 meter hingga sebelah barat rumah bercat putih (satu-satunya rumah yang masih berdiri saat longsor 12 Desember 2014) di sektor selatan dan tidak menjangkau ruas jalan utama Banjarnegara-Karangkobar. Kendati demikian, Andri mengatakan longsoran tidak membahayakan dan masih pada lokasi aman.

Menurutnya, longsoran tersebut terjadi akibat adanya rekahan-rekahan tanah yang mengering karena wilayah itu sudah memasuki musim kemarau.

"Sudah seminggu ini tidak ada hujan," katanya.

Bencana tanah longsor yang melanda Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, pada hari Jumat, 12 Desember 2014, sekitar pukul 17.30 WIB, menimbun sekitar 35 rumah warga dan menewaskan 93 orang.

#LongsorBanjarnegara
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan