Longsor di Kebumen, 3 Orang Diduga Tertibun

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 10 Februari 2021
Longsor di Kebumen, 3 Orang Diduga Tertibun
Longsor di Kebumen. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - empat rumah warga Desa Kalijering, Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, tertimpa longsor dan tiga orang hilang diduga tertimbun. Pemerintah mengkhawatirkan terjadi longsor susulan.

"Hingga saat ini tim SAR gabungan bersama masyarakat masih melakukan pencarian terhadap korban," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen Teguh Kristianto di Kebumen, Rabu, (10/2).

Baca Juga:

Polri Bentuk Tim Siaga Bencana Antisipasi Bencana Alam

Ia menuturkan, sebuah bukit di Desa Kalijering longsor pada Selasa (9/2) pukul 18.30 WIB saat terjadi hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Padureso.

"Kami mendapat kabar sekitar pukul 19.00 WIB dan tim BPBD langsung meluncur ke lokasi," katanya dikutip Antara.

Korban hilang dan kini masih dalam pencarian, yakni Jemarun (48), Doniatun (46) dan Tarsina (60) Warga Dukuh Krajan, Desa Kalijering, Kecamatan Padureso. Selain tiga orang diduga tertimbun longsor, sekitar 95 jiwa warga mengungsi akibat longsor di tiga rumah dan sebuah masjid.

Cuaca Mendung
Cuaca Mendung. (Foto: MP/Ismail)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem hingga sepekan ke depan atau 10 sampai 16 Februari di sejumlah wilayah mengingat saat ini merupakan puncak musim hujan.

Berdasarkan kondisi tersebut, diprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten.

Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (Impact Based Forecast - IBF) untuk potensi dampak banjir/banjir bandang pada periode 10-11 Februari 2021 dengan status siaga yaitu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. (*)

Baca Juga:

Google Luncurkan Fitur Peringatan Bencana Alam

Bagikan
Bagikan