Lombok Kembali Diguncang Gempa Tektonik, BMKG: Warga Jangan Panik!

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 18 Oktober 2018
Lombok Kembali Diguncang Gempa Tektonik, BMKG: Warga Jangan Panik!
Ilustrasi Gempa Bumi. (Thepioneeronline)

MerahPutih.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 skala Richter (SR) kembali mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pagi tadi, pukul 09.13 WITA.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan bahwa pusat gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8,2 lintang selatan dan 116,24 bujur timur. Namun, gempa dipastikan tidak berpotensi memicu tsunami.

"Lokasi gempa berada di laut pada jarak 21 kilometer barat laut Lombok Utara, pada kedalaman 10 kilometer," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto, dilansir Antara, Kamis (18/10).

Agus mengatakan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Mataram dan Lombok Utara II SIG-BMKG (III MMI).

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas "back arc trust".

BMKG juga mengimbau masyarakat di wilayah Mataram, dan Lombok Utara, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

#Gempa Lombok #BMKG
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan