Cara Pemerintah Daerah Tingkatkan Pariwisata dengan Lomba Memasak ILUSTRASI: Perahu nelayan di tempat wisata Pantai Bletok, Kabupaten SItubondo. (Instagram/arifin_aikmeg)

BANYAK cara untuk mempromosikan wisata sebuah daerah. Salah satunya menggabungkan antara pariwisata alam dengan kuliner. Event seperti lomba memasak atau festival kuliner bisa menyedot perhatian khalayak sehingga pada akhirnya menjadi jalan untuk mendekatkan pelancong masuk ke tempat wisata.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Permerintah setempat mendongkrak pariwisata lokal dengan mengenalkan bermacam-macam menu yang juga banyak ditemukan di tempat wisata.

Mereka mengadakan lomba memasak ikan dengan tujuan untuk meningkatkan pangsa pasar dan pemilihan kuliner masakan ikan. Ikan-ikan itu khususnya hasil laut untuk menu utama di sejumlah objek wisata setempat.

"Selain lomba memasak bahan baku ikan ini bertujuan guna memilih makanan seafood terbaik menjadi kuliner yang tepat di sejumlah lokasi wisata di daerah kita," kata Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi di sela kegiatan lomba memasak di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Rabu (18/4) kemarin, dilansir Antara. Tak berhenti di situ. Hasil lomba akan menjadi bahan untuk mendongkrak tempat wisata dari sisi kuliner.

Perahu nelayan di tempat wisata Pantai Bletok, Kabupaten SItubondo. (Instagram/arifin_aikmeg)
Perahu nelayan di tempat wisata Pantai Bletok, Kabupaten SItubondo. (Instagram/arifin_aikmeg)

Masakan ikan peserta lomba yang terpilih akan dijadikan kuliner seafood atau makanan hasil laut di setiap lokasi objek wisata. Masakan itu akan menjadi menu utama kuliner masakan ikan khas Kabupaten Situbondo.

Tak tanggung-tanggung, event seperti itu untuk menyasar wisatawan jauh untuk beberapa tahun ke depan. Pelaksanaan lomba memasak ikan di objek Wisata Bahari Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan ini juga menjadi bagian kegiatan promosi wisata dalam menyambut tahun kunjungan wisata 2019 yang dicanangkan pemerintah daerah setempat.

Peserta lomba memasak ikan (fungsional food dan herbal food) antara lain siswi SMA dan SMK se-Kabupaten Situbondo, TP PKK kecamatan se-Kabupaten Situbondo dan masyarakat umum.

Wisata pantai di Situbondo. (Youtube/Dishubkominfositubondo)
Wisata pantai di Kabupaten Situbondo. (Facebook/Dishubkominfo Situbondo)

Lomba-lomba semacam ini patut dicoba di daerah lain. Biasanya, pariwisata daerah diangkat melalui event budaya. Padahal, di suatu tempat wisata hal penting lain yang patut diperhatikan adalah ketersediaan tempat kuliner. (*)

Baca juga berita kuliner lainnya dalam artikel: Dabu-dabu Penambah Selera Makan Orang Manado

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH