Lomba Lari Keliling Candi Sleman Temple Run Batal Diselenggarakan Event Sleman Temple Run. (Foto: Humas pemerintah kota Sleman)

MerahPutih.com - Lomba lari keliling candi di wilayah DIY, Sleman Temple Run batal dilaksanakan karena pandemi COVID-19 belum mereda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya menjelaskan, gelaran rutin tahunan ini urung terlaksana akibat jumlah pasien COVID-19 diwilayah DIY terus meningkat.

"Kami batalkan karena melihat jumlah pasien COVID-19 yang terus meningkat di wilayah Sleman," tegas Harda di Sleman, Rabu (16/09).

Baca Juga:

Eksplor Candi Prambanan di Era New Normal

Semula Pemkab berencana mengundurkan perlombaan ke bulan Desember 2020 usai pesta demokrasi kelar digelar. Namun, Harda memprediksi situasi pandemi di Indonesia belum akan berakhir.

Di samping itu, ia khawatir walaupun sudah menerapkan protokol new normal, event ini malah akan menimbulkan klaster baru.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan, lomba terpaksa dibatalkan lantaran pesertanya kebanyakan berasal dari luar wilayah Yogyakarta dan ada beberapa dari luar negeri.

Candi Prambanan mulai dipadati kembali oleh para wisatawan (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)
Candi Prambanan mulai dipadati kembali oleh para wisatawan (Foto: Mp/Rizki Fitrianto)

Pada awalnya pihaknya berencana menyelenggarakan acara ini secara virtual. Namun hal tersebut dinilai menyulitkan penjurian.

"Kami menilai secara teknis ini tidak bisa dilaksanakan, sehingga pelaksanaan Sleman Temple Run kami putuskan dibatalkan," katanya.

Baca Juga:

Mengunjungi Candi Prambanan dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Panitia penyelenggara tetap akan memberikan medali, kaos, dan masker kepada seluruh peserta yang sudah melunasi pembayaran. Barang-barang tersebut akan dikirim ke alamat masing-masing.

Namun untuk hadiah juara pertama hingga juara harapan, kata dia, seperti tropi dan uang pembinaan total Rp176 juta tidak diberikan, karena lomba batal dan tidak ada pemenang.

Sleman Temple Run 2020 awalnya akan diselenggarakan pada 27 September 2020. Lomba lari ini direncanakan start dan finish di kawasan destinasi wisata Candi Banyunibo, Prambanan. (Teresa Ika)

Baca Juga:

Yogyakarta Gelar Lomba Lari Keliling Candi Berkonsep New Normal


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH