Lokasi Parkir Saat Malioboro Bebas Kendaraan Jalan Malioboro yang selalu ramai. (Foto: MP/Teresa Ika)

KAWASAN wisata Malioboro Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wajib kunjung di kota Pelajar ini. Untuk menata kembali kawasan ini pemerintah daerah bakal menerapkan aturan bebas kendaraan di Malioboro. Uji coba peraturan baru ini akan dimulai pada Selasa 18 Juni 2019.

Bagi wisatawan yang hendak mengunjungi Malioboro dengan menggunakan mobil atau motor, harus memperhatikan kantong-kantong parkir yang ada di kawasan itu.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo menjelaskan lokasi parkir ada di beberapa titik yang tersebar di sekitar Jalan Malioboro. Untuk kendaraan roda dua bisa menggunakan area parkir di Abu bakar Ali yang berada di dekat stasiun tugu Yogyakarta. Parkiran ini bisa menampung lebih dari 3000 kendaraan roda dua.

jogja
Arus lalu lintas seputaran Malioboro. (Foto: ist)

Baca juga: Mulai Pekan Depan, Malioboro Jadi Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor

"Bisa juga parkir di dekat Ramai mall atau parkiran bioskop Indra atau pasar Beringharjo. Untuk bus bisa parkir di Ngabean, juga parkiran Senopati," jelas Sigit.

Bagi pengunjung Mall Malioboro bisa memarkirkan kendaraan mobil dan motor di dalam tempat parkiran mall.

Sementara tempat parkir untuk kendaraan roda empat berada di tempat parkir Abu Bakar Ali, Ramai mall, pasar sore dekat Beringharjo serta di jalan Paanembahan Senopati.

Sementara para pegawai atau PNS yang kantornya di sekitar Malioboro bisa memanfaatkan sirip-sirip gang untuk memarkir kendaraannya.

Beberapa kantor pemerintahan yang memiliki dua pintu bisa mengatur masuk parkir lewat pintu belakang yang tidak menghadap ke arah Jalan Malioboro.

malioboro
Malioboro masih menjadi destinasi favorit wisata di Yogyakarta. (Foto: MP/Teresa Ika)

Misalnya di kantor Kepatihan Gubernur dan DPRD DIY, para PNS masuk lewat pintu yang berada di Jalan Mataram.

"Nanti kita atur alur lalu lintasnya seperti apa supaya bisa masuk ke dalam sirip-sirip gang tersebut," kata Sigit.

Pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah kota Yogyakarta untuk menyediakan kantong parkir yang memadai di seluruh sisi Malioboro.

Ujicoba Malioboro bebas kendaraan akan berlangsung setiap selasa Wage atau 35 hari sekali.

Sebelum berkunjung ke Malioboro, ada baiknya mencaritahu lokasi tempat parkir agar tidak kebingungan memarkirkan kendaraan. (*)

Tulisan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH