Lokasi Ibu Kota Baru Akan Disampaikan Jokowi Pada Saat Pidato Kenegaraan? Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan keterangan pers (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Teka-teki lokasi yang menjadi ibu kota negara yang baru perlahan mulai terungkap. Setelah melalui akun twitternya @jokowi, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ibu kota baru akan dipindahkan ke Kalimantan beberapa waktu lalu, kini publik Tanah Air menanti lokasi pastinya.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, lokasi ibu kota negara akan segera diumumkan Presiden Jokowi beberapa hari ke depan. Kemungkinan besar, pengumuman ibu kota negara disampaikan bersamaan dengan penyampaian nota keuangan pemerintah di DPR pada 16 Agustus.

Baca Juga: Bappenas Targetkan Pemindahan Ibu Kota Negara Mulai Tahun 2024

"Ya, mudah-mudahan (saat nota keuangan)," ujar Moeldoko kepada wartawan di, Jakarta, Rabu (14/8).

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi ibu kota negara di Kalimantan
Presiden Jokowi saat meninjau calon lokasi ibu kota negara di Kalimantan Tengah (Foto: Biro Pers Setpres)

Menurutnya, Jokowi masih menunggu hasil kajian lebih lengkap dari para menteri kabinet kerja. Jika sudah ada hasil maka akan segera diumumkan lokasi tepatnya.

"Belum tau pasti (kapan diumumkan), karena kemarin perintahnya kepada para menteri untuk dilakukan analisa yang lebih dalam lagi," tegasnya.

Baca Juga: Wapres JK Ingatkan Potensi Bahaya Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan hingga kini pihaknya dan kementerian lainnya masih belum tahu pasti kapan Jokowi akan umumkan ibu kota baru.

Malah katanya, beberapa kementerian masih diminta melakukan analisa lebih dalam soal ibu kota baru.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemindahan ibu kota dibutuhkan izin dari DPR. Jika mungkin, rencana pemindahan itu disinggung dalam pidato kenegaraan di DPR/MPR 16 Agustus nanti.(Knu)

Baca Juga: Plus Minus Kaltim dan Kalteng Sebagai Calon Ibu Kota Versi Bappenas



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH