Game
'Lokapala' Dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021 Game Lokapala dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021 (Foto: istimewa)

PIALA Presiden Esports 2021 telah resmi memulai Kick Off pada Sabtu, 9 Oktober 2021 lalu. Gelaran tersebut mengusung tema #BanggaEsportIndonesia dan konsep artistik "Land of Wonders", yang mengeksplor keindahan alam serta nilai budaya Indonesia ke panggung Esports dunia.

Piala Presiden Esports 2021 diikuti lebih dari 61.784 atlet Esports Tanah Air, dan masih akan terus bertambah. Adapun babak kualifikasi turnamen tersebut akan berlangsung hingga 28 November 2021 mendatang, dan terbagi dalam enam regional wilayah.

Baca Juga:

Game Lokapala Siap Lebarkan Sayap di Asia Tenggara

Antara lain yakni regional Sumatera, regional Kalimantan, regional Sulawesi, regional Jawa, regional Bali NTT NTB, dan regional Maluku Papua. Selain babak kualifikasi regional, ada babak kualifikasi terbuka, yang bisa diikuti oleh peserta yang berasal dari sejumlah daerah.

Ajang Piala Presiden Esports selalu menghadirkan berbagai hal baru yang menarik di setiap edisinya, mulai dari 2019, 2020 dan 2021.

Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir pada saat acara kick-off Piala Presiden Esports 2021 mengumumkan bahwa babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 pada Desember mendatang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Rencana tersebut selaras dengan upaya Pemerintah RI dalam mendorong pertumbuhan pariwisata melalui sports tourism.

Sandiaga Uno mengatakan dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali.

Sandi berharap, langkah tersebut dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif Sandi pun berharap bahwa pandemi COVID-19 dapat semakin terkendali.

Game Lokapala masuk dalam jajaran game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021 (Foto: antarupa studio)

Dengan total hadiah sebesar Rp 2 Miliar, Piala Presiden Esports 2021 akan mempertandingkan enam cabang game, yakni eFootball PES, Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile, MPL Gaming (Speed Chess), dan Lokapala sebagai Game lokal.

Sementara itu, Dedi Suherman selaku CEO Melon Indonesia mengatakan senang Lokapola dapat terlibat dalam kompetisi ini. "Kami dari Melon Indonesia turut bangga dengan ikutnya Lokapala sebagai game lokal yang dipertandingkan di ajang Piala Presiden Esports 2021 ini” jelas Dedi.

Kemudian, Muhamad Fajrin Rasyid selaku Direktur Digital Business Telkom Indonesia menambahkan, bahwa telkom sangat mendukung ekosistem game di Tanah Air, sejalan dengan terus berkembangnya industri Esports di Indonesia.

Fajrin berharap, masyarakat nantinya tidak hanya menjadi konsumen saja, tapi juga menjadi kreator game lokal untuk menghasilkan game yang bisa mendunia.

Vi Dronis sukses keluar sebagai juara dari Final Regional (Foto: istimewa)

Lokapala: Saga of the Six Realms merupakan MOBA pertama yang sepenuhnya dikembangkan di Indonesia dan terinspirasi dari mitologi, sejarah, dan budaya Indonesia. Dalam game tersebut, kamu bisa berperang 5 lawan 5 yang seru bersama teman atau pemain lain.

Dari total 2 miliar hadiah yang disediakan di Piala Presiden Esports 2021, Cabang game Lokapala akan memperebutkan hadiah senilai Rp 200 juta.

Nantinya, hadiah tersebut akan terbagi menjadi tiga kategori sesuai dengan sistem babak pertandingan Lokapala di Piala Presiden Esports. Yakni babak kualifikasi regional, babak kualifikasi terbuka, dan main event.

Babak kualifikasi Regional untuk cabang Lokapala di Piala Presiden Esports 2021 resmi digelar mulai awal pekan lalu. Delapan tim dari beberapa regional berjuang untuk bisa melangkah ke babak main event.

Setelah berjuang di serangkaian pertandingan kualifikasi yang cukup panjang, Sky Team, Zero Esports, Western Meister, Enormouse, Enam Sembilan Esports, Vi Dronis, A7X, dan Esi Kota Mojokerto akhirnya menempati tim terkuat untuk babak kualifikasi Regional.

Dengan menggunakan sistem single eliminasi, Zero Esports, Western Meister, Vi Dronis, dan A7X sukses menempati posisi empat besar. Kemampuan tim-tim ini pun mampu menarik perhatian dengan kemampuan para pemainnya yang mumpuni.

Selain diikuti oleh para peserta yang hebat, pertandingan ini juga dipandu oleh caster yang sangat seru yaitu Ravalda, Maswolf, dan juga Ijal.

Pada babak final regional, Zero Esports bertemu dengan Vi Dronis. Bermain dengan sistem best of three, Vi Dronis berhasil membungkam Zero Esports dengan skor 2-0 tanpa balas.

Sukses mengalahkan ketujuh tim lainnya, Vi Dronis sukses keluar sebagai juara dari Final Regional. Dari kemenangan ini, ada sosok pemain, yaitu Dyyzel yang sukses menjadi mesin pembunuh untuk para lawannya dengan meraih titel MVP.

Dengan demikian, dua tim teratas di babak kualifikasi Regional yaitu Zero Esports dan Vi Dronis berhak mendapatkan tiket menuju babak main event pada Desember mendatang.

Total hadiah yang diperbutkan senilai Rp 200 juta (Foto: istimewa)

Untuk babak kualifikasi regional, ada total hadiah senilai Rp 20 juta untuk diperebutkan, begitu pula dengan babak kualifikasi terbuka.

Lokapala saat ini masih menyisakan satu babak kualifikasi yaitu babak kualifikasi terbuka untuk memperebutkan sisa tiket yang ada menuju babak main event.

Pada babak main event, para peserta akan berjuang memperebutkan hadiah utama. Tim yang berhasil keluar sebagai juara Piala Presiden Esports 2021 cabang game Lokapala, akan memperebutkan uang tunai sebesar 120 juta rupiah.

Sementara itu, tim yang berhasil finish di urutan kedua alias runner-up, akan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 50 juta. Untuk tim yang berada di posisi ketiga dan keempat akan membawa pulang hadiah masing-masing senilai Rp 15 juta. Dan untuk pemain yang menjadi MVP akan mendapat hadiah sebesar Rp 10 juta. (ryn)

Baca juga:

Lokapala Game MOBA Asli Indonesia Pesaing Mobile Legends

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Implan di Otak untuk Sembuhkan Depresi
Fun
Implan di Otak untuk Sembuhkan Depresi

Namun tetap itu bukan demonstrasi kemanjuran.

BMW Jadi Kendaraan Resmi BNI Java Jazz Festival 2022
Hiburan & Gaya Hidup
BMW Jadi Kendaraan Resmi BNI Java Jazz Festival 2022

BMW Indonesia menyediakan sejumlah BMW Seri 3 terbaru yakni BMW 320i Sport dan BMW 320i Dynamic untuk event BNI Java Jazz Festival 2022

Disney Legends Awards Siap Buka D23 Expo
Fun
Disney Legends Awards Siap Buka D23 Expo

Akan ada banyak hal spesial yang dihadirkan pada tahun ini di D23 Expo.

Kisah Cinta Pandangan Pertama Ratu Elizabeth II dengan Nintendo Wii
Fun
Kisah Cinta Pandangan Pertama Ratu Elizabeth II dengan Nintendo Wii

Ratu Elizabeth II sempat melewati era keemasan dari konsol keluarga Nintendo.

Mimpi Bertemu Mantan Pertanda Masih Cinta?
Fun
Mimpi Bertemu Mantan Pertanda Masih Cinta?

Dia masih datang dalam tidurmu.

Diterpa Isu Bullying, Nam Joo-hyuk Didukung Agensi dan Kawan Lama
ShowBiz
Dampak Buruk dari Kurang Gizi Saat Hamil
Fun
Dampak Buruk dari Kurang Gizi Saat Hamil

Berikut beberapa dampak buruk dari ibu hamil yang kurang gizi:

Drakor Tracer Cetak Rating Tertinggi di Tayangan Perdana
ShowBiz
Drakor Tracer Cetak Rating Tertinggi di Tayangan Perdana

Percapaian ini membuat Tracer melampaui peringkat 6,8 persen untuk serial Now, We Are Breaking Up dan 3,5 persen untuk serial Bad and Crazy.

Lezat, Makanan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat
Fun
Lezat, Makanan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat

Batasi mengonsummsi makanan dengan tinggi kolesterol.

‘Hellbound’ Musim Kedua Tayang Tahun Depan?
Fun
‘Hellbound’ Musim Kedua Tayang Tahun Depan?

Hellbound musim kedua perlu diskusi lebih lanjut dengan Netflix.