Lokananta Solo Bakal Rasa Jakarta Selatan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 04 Juni 2023
Lokananta Solo Bakal Rasa Jakarta Selatan
Suasana peresmian Lokananta di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (3/6/2023) setelah rampung direvitalisasi. FOTO ANTARA/Benardy Ferdiansyah

MerahPutih.com - Lokananta menjadi lokasi nongkrong baru di Kota Bengawan setelah selesai direvitalisasi BUMN Danareksa. Selain itu, Lokananta menjadi lokasi bagi para musisi untuk semakin berkarya.

"Dengan ini BUMN memperhatikan eksistensi para seniman serta musisi untuk tetap berkarya di Lokananta," Menteri BUMN Erick Thohir usai melakukan grand launching Lokananta, Sabtu (3/6) malam.

Baca Juga:

Monumen Patung Didi Kempot, Wali Kota Solo: Lebih Tepatnya Dibangun di Lokananta

Ia memaparkan, Lokananta ini dia persembahkan untuk komunitas musik Indonesia dan tentu untuk generasi muda Solo dan Jawa Tengah. Pihaknya tidak ingin sebagai negara maju tetapi negara yang tidak punya budaya.

"Ini bahaya sehingga kita harus menjaga budaya kita," ucap Erick.

Erick mengungkapkan, banyak musisi legendaris yang memulai karir musiknya dari sini. Seperti maestro keroncong Waljinah yang sudah rekaman di Lokananta sejak umur 12 tahun.

"Ada juga Titiek Puspa yang juga pernah merekam suara emasnya dilokasi ini. Tadi Andien barusan juga rekaman disini (Lokananta)," katanya.

Kementerian BUMN, tegas Erick, tidak sekedar membangun, tetapi juga memastikan aset milik BUMN berkelanjutan. Seperti yang sudah dilakukan di Sarinah, Jakarta. Serta Pos Bloc Medan.

"Saya berharap tempat ini bisa dijaga dimanfaatkan dan dikembangkan. Lokananta ini juga aset BUMN yang bersejarah yang sempat terbengkalai dan cikal bakal musik Indonesia," papar dia.

Ketua PSSI ini berharap, generasi muda bisa kembali datang ke Lokananta untuk berkarya. Dengan demikian muncul pula dorongan ekonomi baru melalui industri kreatif bidang musik.

"Mulai dari panggung, Stand FnB, UMKM, lengkap disini silahkan dimanfaatkan dengan baik," katanya.

CEO Lokananta Wendi Putranto mengatakan Lokananta yang baru memiliki visi untuk menjadi creative and commercial hub bagi para musisi, seniman, dan UMKM lokal, sehingga dapat memberikan dampak sosial, pertumbuhan ekonomi, dan pelestarian budaya Indonesia.

"Lokananta nantinya juga bakal menerapkan pola placemaking seperti di M Bloc Space, Jakarta Selatan," katanya.

Visi tersebut akan diwujudkan dengan enam misi Lokananta, yakni destinasi cagar budaya musik Indonesia, pertunjukan kesenian usaha sebagai hubungan masyarakat, melestarikan dan mengembangkan aset-aset seni budaya dalam bidang musik, ruang kreatif publik bagi kegiatan komunitas dan umum, pusat pengembangan talenta kreatif, dan pemberdayaan sekaligus pembinaan bisnis UMKM.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga menyambut baik rampungnya revitalisasi Lokananta tersebut dan mengharapkan nantinya bisa menjadi tempat bagi para musisi untuk berkreasi

"Intinya bagus tinggal kita ramaikan tempat ini. Jadi, teman-teman anak muda para musisi bisa berkreasi mencurahkan idenya di sini," ujar Gibran.

Gibran mengatakan, Lokananta merupakan salah satu dari 17 titik prioritas pembangunan di Kota Solo.

"Lokananta itu ada di nomor 14. Jadi, sudah kami buka satu per satu. Jadi, Kota Solo jangan diejek sebagai kota yang tidak punya destinasi, bangunannya banyak yang mangkrak saya benarkan semua. Intinya, nomor 14 (Lokananta) sudah selesai," kata Gibran.

Kementerian BUMN melalui Danareksa-PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dengan dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menghidupkan kembali aset milik Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) itu, dengan merevitalisasi dan melakukan optimalisasi aset Lokananta. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Lokananta Jadi Wisata Musik Solo

#Gibran Rakabuming #Solo
Bagikan
Bagikan