Teknologi

Logo Brand Terautentikasi akan Tampil di Gmail

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 13 Juli 2021
Logo Brand Terautentikasi akan Tampil di Gmail
Gmail akan Tampilkan Logo yang TerautenGmail memiliki inovasi baru. (Foto: Unsplash/Stephen Phillips Hostreviews)

GOOGLE mengumumkan Logo dari brand yang telah diautentikasi keasliannya akan tampil di Gmail. Fitur keamanan ini pertama kali diumumkan oleh google pada Juli 2020.

Dilansir The Verge, Senin (12/7) fitur keamanan tersebut akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Fitur ini dapat berjalan karena telah sesuai dengan standar dari grup pengindikasi brand untuk identifikasi pesan (Brand Indicators for Message Identification/ BIMI). Google sudah bergabung dengan kelompok kerja BIMI sejak 2019.

Baca juga:

Widget Gmail di iOS Terbaru Tidak Sesuai Harapan

Ide kerja fitur ini ialah logo organisasi akan muncul di kotak masuk pengguna saat sebuah brand mengirimkan email yang telah diautentikasi menggunakan standar Domain-based Message Authentication, Reporting, and Conformance (DMARC). Hal ini dapat membantu mengurangi adanya kemungkinan pengguna membuka dan melakukan tindakan dari email dikirim oleh seseorang menyamar sebagai sebuah brand asli tertentu.

Fitur tersebut menggunakan sistem autentikasi DMARC. (Foto: Unsplash/Solen Feyissa)

DMARC adalah metode standar autentikasi yang diterapkan email. DMARC membantu pengelola email sebuah perusahaan terhindar dari peretas dan penipu lainnya yang mengatas namakan perusahaan mereka. Hal ini dapat terjadi karena adanya proses autentikasi Domain yang dilakukan dalam proses pengiriman email.

Logo dari sebuah brand yang terbukti keasliannya akan berfungsi seperti simbol terverifikasi yang sering kita lihat di jejaring sosial. Logo ini nantinya akan memberi tahu seseorang bahwa sebuah akun terverifikasi kepemilikannya dari seseorang atau sebuah perusahaan. Misalnya, di Instagram kita dapat melihat sebuah logo centang biru setelah nama akun untuk mengetahui apakah akun tersebut terbukti keasliannya.

Baca juga:

Begini Caranya Lindungi Akun Gmail dari Peretas

Logo akan diverifikasi ke lembaga sertifikasi. (Foto: Unsplash/Solen Feyissa)

Seperti ini cara kerja di balik layarnya, menurut Google:

Organisasi/perusahaan/brand yang mengautentikasi email mereka menggunakan Sender Policy Framework (SPF) atau Domain Keys Identified Mail (DKIM) lalu menerapkan DMARC, dapat memberikan logo asli mereka yang telah tervalidasi ke Google melalui Verified Mark Certificate (VMC).

Kemudian, BIMI memanfaatkan Lembaga verifikasi tanda, seperti Lembaga sertifikasi, untuk memverifikasi kepemilikan logo dan memberikan bukti verifikasi logo tersebut dalam VMC. Setelah email yang diautentikasi ini lulus pemeriksaan sistem anti-penyalahgunaan, Gmail akan mulai menampilkan logo di slot avatar.

Menurut Google, pengguna Gmail tidak perlu melakukan apa pun untuk melihat logo brand yang telah terbukti keasliannya tersebut. (kna)

Baca juga:

WOW! Google Temukan 18 Juta Malware dan Email Phising Seputar COVID-19

#Teknologi #Google #Gmail
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan