Teknologi

Logitech Gandeng Tencent Garap Konsol Cloud Gaming

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 05 Agustus 2022
Logitech Gandeng Tencent Garap Konsol Cloud Gaming
Logitech gandeng Tencent untuk garap konsol cloud gaming. (Foto:Logitech)

DALAM usaha bersiap untuk era cloud gaming, Logitech menggandeng Tencent untuk menggarap konsol terbaru mereka yang berbasis cloud gaming. Keseluruhan spesifikasi pada konsol nantinya hanya akan memproyeksikan gim yang ada pada server milik Tencent, sedangkan berbagai periferal di konsol tersebut akan didesain Logitech. Kira-kira akan seperti apa ya bentuknya?

IGN mengabarkan Logitech akan membuat suatu konsol berbasis cloud gaming yang akan menjadi lini periferal mereka di Logitech G, atau lini yang dibuat khusus untuk Logitech untuk pasar gamer.

BACA JUGA:

Xbox Cloud Gaming Hadir di Smart TV

Bukan hanya cloud gaming yang disediakan Tencent. Nantinya, konsol handheld tersebut juga bisa mengambil sebagian program dari cloud gaming milik vendor lain, di antaranya Xbox Cloud Gaming, PlayStation Now, dan Google Stadia. Namun, hingga Agustus 2022 ini, Logitech masih belum memberikan bentuk dari konsol yang akan mereka rilis.

logitech
Pengumuman mengenai kerja sama dengan Tencent. (Foto Twitter LogitechG)

"Kami sangat bahagia untuk mengumumkan kemitraan resmi dengan Tencent Games untuk membawa pasar cloud gaming kami pada akhir 2022 ini. Konsol tersebut dapat menggunakan berbagai layanan cloud gaming," jelas pihak Logitech pada cicitannya di akun Twitter resmi @LogitechG.

Cloud gaming di Logitech G Handheld ini nantinya bisa menggunakan berbagai platform. Beberapa yang baru saja resmi hadir dalam aplikasi mereka nantinya yakni Xbox Cloud Gaming serta GeForce Now milik Nvidia. Di lain hal, Logitech masih belum bermitra dengan platform lainnya demi membawa konsol Logitech ini sebagai konsol serbabisa di dunia cloud gaming.

BACA JUGA:

Facebook Lucurkan Cloud Gaming Service

Daniel Wu selaku general manager dari Tencent Games juga mengakui memiliki visi yang sama seperti Logitech. Termasuk membawa gim publikasi mereka ke ranah cloud gaming, serta penggarapan konsol yang didesain khusus seperti premiumnya Logitech G di pasar periferal PC gaming dan konsol. "Hari ini sudah dipastikan menjadi peluang baru bagi perusahaan kami untuk mendorong lebih jauh penjelajahan dunia perangkat gaming," jelas Wu.

Meski ditujukan cloud gaming, bukan berarti konsol tersebut akan terasa high-end seperti Steam Deck milik Valve dan Nintendo Switch milik Nintendo. Perangkat keras yang digunakan untuk Logitech nanti masih belum diketahui spesifikasinya untuk apa, dan bagaimana konsol tersebut dapat memainkan gim tanpa perlu menggunakan fitur cloud gaming.

gaming
Hanya akan memiliki spesifikasi terbatas untuk cloud gaming. (Foto Logitech)

Mengingat wilayah Indonesia yang masih simpang siur tentang dunia cloud gaming, Logitech mungkin akan tidak memprioritaskan dunia cloud gaming di Indonesia karena bandwidth dan rata-rata kecepatan internet yang kurang memadai bila ingin memainkan gim berbasis cloud dengan resolusi tinggi.

Namun, untuk perangkat kecil dengan kemungkinan resolusi native 720 hingga 1080 piksel, amat mungkin si konsol Logitech hadir di Indonesia dengan kecepatan stabil di beberapa provider internet yang memberikan kecepatan download dan upload yang seimbang. Semoga saja.(dnz)

BACA JUGA:

Amazon Luna, Platform Cloud Gaming Mirip Google Stadia

#Game #Gaming
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan