Pilkada Kota Solo
Logistik Pilkada Mulai Berdatangan ke KPUD Solo Caption: Petugas KPU Solo, Jawa Tengah telah menata logistik Pilwakot Solo yang baru tiba, Jumat (13/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemilihan Kepala Daerah Kota Solo tinggal tersisa 23 hari lagi. Logistik pencoblosan dan alat pelindung diri (APD) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) justru belum semuanya lengkap.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, secara umum logistik Pilkada Solo secara bertahap mulai lengkap. Untuk logistik yang sudah tiba meliputi 6.155 bilik suara, 2.462 botol tinta, dan 2.522 kotak suara.

"Paku untuk mencoblos dan kertas suara belum ada. Untuk APD (Alat Pelindung Diri) juga sudah mulai berdatangan seperti, 1.500 ember cuci tangan, kran atau pancuran air, sarung tangan plastik, desinfektan 1.400 botol, dan lainnya," kata Nurul, Senin (16/11).

Baca Juga:

Pemilih Pemula Rentan Disuap Calon Kepala Daerah

APD masih ada yang belum dikirim, kata dia, seperti baju hazmat, alat penyemprotan disenfektan, dan lainnya. Terkait kertas suara baru mulai melakukan pencetakan 429.321 surat suara Pilwakot Solo.

"Kertas suara Pilwakot Solo mulai naik cetak di PT Pura Barutama, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pada Minggu malam," kata dia.

Nurul mengemukakan, proses pencetakan ribuan keras suara ditargetkan selesai Senin ini. Setelah itu baru dilakukan penyortiran atau pelipatan kertas suara di lokasi percetakan.

Caption: Petugas KPU Solo, Jawa Tengah telah menata logistik Pilwakot Solo yang baru tiba, Jumat (13/11). (MP/Ismail)
Caption: Petugas KPU Solo, Jawa Tengah telah menata logistik Pilwakot Solo yang baru tiba, Jumat (13/11). (MP/Ismail)

"Pelipatan kertas suara selesai kita lakukan packing plastik, packing box baru dikirim ke KPU Solo pada Sabtu akhir pekan ini," kata Nurul.

Ia menambahkan, Pemilihan Wali Kota Solo pada 9 Desember mendatang terdapat 418.283 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain itu terdapat dan 1.231 Tempat Pemungutan.Suara (TPS). Setiap TPS dibatasi 500 orang pemilih karena haruas mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Pilwalkot Solo diikuti dua paslon, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur independen. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Para Petahanan Bertarung di Pilgub, DPD Minta Tidak Terjadi Konflik

Kanal