Lobi Presiden Jokowi,  Wali Kota Solo Minta Stadion Manahan Segera Diresmikan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Stadion Manahan Solo (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah bersamaan dengan laga persahabatan Persis Solo vs Persib Bandung dalam rangka HUT ke-20 Pasoepati (suporter Persis Solo) dan HUT ke-275 Kota Solo, Sabtu (15/2) pukul 20.30 WIB.

Kepastian peresmian Stadion Manahan dibenarkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman saat meninjau langsung Stadion Manahan, Solo, Jumat (14/2).

Baca Juga:

Wali Kota Solo Pasang Badan Laga Persis vs Persib Tetap Digelar di Stadion Manahan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengungkapkan rencananya awal peresmian Stadion Manahan diadakan Sabtu (29/2), bersamaan dengan peresmian KA Bandara Adi Soemarno Solo, Jawa Tengah. Namun, karena ada permintaan dari Wali Kota Solo kepada Presiden Jokowi, Stadion Manahan diresmikan Sabtu besok.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Stadion Manahan Solo
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengecek Stadion Manahan, Jawa Tengah, Jumat (14/2). (MP/Ismail)

"Besok (Sabtu) Presiden Jokowi akan meresmikan Stadion Manahan. Sebelum diresmiman kita mengecek dulu. Hasilnya sudah bagus," ujar Basuki kepada kepada awak media termasuk merahputih.com.

Basuki menambahkan peresmian Stadion Manahan bersamaan dengan persahabatan Persis Solo vs Persib Bandung. Keamanan berkoordinasi dengan Paspampres.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku yang meminta kepada Presiden Jokowi untuk meresmikan Stadion Manahan. Peresmian dilakukan bersamaan dengan laga persahabatan Persis Solo vs Persib Bandung.

"Tadi saya satu mobil bersama Presiden Jokowi menjemput di Bandara Adi Soemarmo melobi agar Stadion Manahan diresmikan besok (Sabtu) bersamaan dengan laga Persis dan Persib," kata Rudy.

Alasan Rudy milih peresmian dilakukan bersamaan laga Persis dan Persib karena karena banyak massa suporter Pasoepati. Apalagi besok hari baik (Sabtu) Legi dalam kalender Jawa.

"Peresmian bisa kami lakukan simbolis dengan cara menyalakan lampu flash ponsel sambil menyanyikan lagu Tanah Air atau Indonesia Pusaka dan Rayuan Pulau Kelapa. Peresmian dilakukan sebelum laga Pesis vs Persib dimulai.

Baca Juga:

Piala Dunia U-20 di Solo, Iwan Bule Puji Kualitas Stadion Manahan Tak Kalah dari GBK

Duketahui, Kemen PUPR menganggarkan dana senilai Rp301 miliar bersumber APBN 2018 dan 2019 untuk merenovasi Stadion Manahan menjadi Stadion Gelora Bungkarno mini. Saat ini Kemen PUPR belum menyerahkan Stadion Manahan ke Pemkot Solo.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

HUT ke-20 Pasoepati, Persis Solo Adakan Uji Coba dengan Persib Bandung



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH