Liverpool 4-0 Barcelona: Comeback Dramatis, Messi dkk Tak Berkutik di Anfield Liverpool menang 4-0 atas Barcelona di Anfield (@ChampionsLeague)

MerahPutih.com - Liverpool melakukan salah satu comeback dramatis dalam sejarah sepak bola Eropa. Tertinggal agregat gol 0-3 dari leg pertama, The Reds menang 4-0 di Anfield melawan Barcelona di leg dua semifinal Liga Champions, Rabu (8/5) dini hari WIB.

Tanpa Mohamed Salah dan Roberto Firmino, Jurgen Klopp menurunkan Xherdan Shaqiri dan Divock Origi di lini depan untuk melengkapi trisula bersama Sadio Mane dalam taktik 4-3-3. Sementara Barcelona tetap dengan formasi 4-4-2 dan pemain yang sama seperti leg pertama.

Liverpool, yang harus mengejar ketertinggalan agregat gol 0-3, langsung tancap gas memberikan tekanan sejak pertandingan dimulai. Gol cepat yang diharapkan seluruh fans dan pemain Liverpool tercipta di menit tujuh.

Liverpool menang 4-0 atas Barcelona di Anfield (@ChampionsLeague)
Liverpool menang 4-0 atas Barcelona di Anfield (@ChampionsLeague)

Seisi Anfield langsung bergemuruh kencang menyambut gol dari Origi yang menyambar bola rebound hasil tepisan Marc-Andre ter Stegen, setelah sang kiper menepis tendangan Jordan Henderson. 1-0 Liverpool unggul, pertandingan langsung berjalan seru.

Barca memang menyerap seluruh tekanan yang diberikan Liverpool di Anfield. Mereka tampak siap menghadapinya dan tetap dengan rencana: coba bermain efisien, membangun serangan dengan rapih, dan melancarkan serangan balik cepat.

Barca tahu Liverpool keluar menyerang dan mereka nyaris menambah keunggulan agregat gol melalui dua peluang emas Philippe Coutinho (15') dan Lionel Messi (18'). Dua sepakan mereka tepat sasaran, namun, Alisson mengagalkan tendangan keduanya.

Pertandingan benar-benar berjalan terbuka di babak pertama ini. Ter Stegen dan Alisson tidak punya waktu 'santai' karena mereka harus waspada dan peka terhadap serangan yang bisa tiba kapan pun. Tidak hanya pamer kualitas kedua tim, tensi laga juga panas.

Dua kartu kuning sudah dikeluarkan wasit asal Turki, Cuneyt Caykir, untuk Fabinho dan Sergio Busquets - dua gelandang bertahan masing-masing tim. Tidak ada lagi gol yang tercipta hingga paruh pertama berakhir dan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Fans Liverpool bisa berharap banyak adanya keajaiban terjadi di babak kedua karena gol cepat tersebut. Liverpool butuh tiga gol lagi - tanpa balas - untuk bisa memastikan tiket langsung ke final Liga Champions.

Benar saja, diawali dengan pergantian pemain yang dilakukan Klopp kala menarik keluar Andrew Robertson dan digantikan dengan Georginio Wijnaldum, Liverpool mengawali comeback gemilang di Anfield.

Pada menit 54, Wijnaldum langsung mencetak gol kala menerima bola defleksi yang terkena kaki Jordi Alba. Gelandang asal Belanda muncul dari lini kedua untuk mencetak gol kedua Liverpool di laga ini. 2-0.

Dua menit berselang dari gol tersebut, Liverpool melanjutkan momentum atas moral bermain Barcelona yang menurun. Lagi, Wijnaldum mencetak gol dan kali ini ia menanduk bola hasil umpan silang Shaqiri. Skor menjadi 3-0 dan agregat gol sama kuat 3-3.

Wijnaldum jadi pemain pengganti pertama di Eropa yang mencetak dua gol. Barcelona mulai panik dan Valverde memasukkan Nelson Semedo serta Arthur Melo menggantikan Coutinho dan Arturo Vidal. Ditariknya Vidal membuat Barca kehilangan petarung di lini tengah.

Publik Anfield semakin yakin melihat comeback dramatis dari tim kesayangan mereka. Benar saja, melalui penerapan taktik yang tepat dan jitu di antara Trent Alexander-Arnold dan Origi dari sepak pojok, Origi mencetak gol keempat Liverpool di kala pertahanan Barcelona lengah.

Liverpool sukses melakukan comeback dramatis dengan keunggulan tersebut. Barcelona sama sekali tidak berkutik melawan 11 pemain Liverpool dan 'pemain ke-12' di Anfield. Messi pun tampak menghilang di pertandingan ini.

Lima menit tambahan waktu berakhir di babak kedua dan tidak ada lagi gol yang tercipta. Liverpool lolos ke final Liga Champions 2018-19 untuk kedua kalinya beruntun dengan agregat gol 4-3 dan menanti pemenang laga antara Tottenham Hotspur kontra Ajax Amsterdam.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Georginio Wijnaldum 46'); Jordan Henderson, Fabinho, James Milner; Xherdan Shaqiri (Daniel Sturridge 90'), Divock Origi (Joe Gomez 85'), Sadio Mane.

Pemain Cadangan: Georginio Wijnaldum, Dejan Lovren, Joe Gomez, Daniel Sturridge, Simon Mignolet, Rhian Brewster, Ben Woodburn.

Pelatih: Jurgen Klopp

Barcelona (4-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arturo Vidal (Arthur 75'), Ivan Rakitic, Sergio Busquets; Philippe Coutinho (Nelson Semedo 60'); Lionel Messi, Luis Suarez.

Pemain Cadangan: Nelson Semedo, Arthur, Jasper Cillessen, Malcom, Samuel Umtiti, Thomas Vermaelen, Carles Alena.

Pelatih: Ernesto Valverde. (bolaskor.com)

Baca Juga:Prediksi Liverpool Vs Barcelona: Mission Impossible The Reds



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH