Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Cak Imin Tempel Ganjar-Mahfud

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 11 Desember 2023
Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Cak Imin Tempel Ganjar-Mahfud
Ilustrasi - Calon Presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2024. (ANTARA/Naufal Ammar)

MerahPutih.com - Hasil survei Litbang Kompas mengungkapkan elektabilitas pasangan calon (Paslon) Prabowo-Gibran berada di puncak dengan perolehan 39,3 persen suara, mengungguli Anies-Muhaimin yang memperoleh 16,7 persen dan Ganjar-Mahfud dengan 15,3 persen suara.

Berdasarkan perolehan itu, jarak keterpilihan antara Prabowo dan Anies yang semula 12,1 persen pada periode Agustus 2023, sekarang menjadi 22,3 persen.

Baca Juga:

Elektabilitas Prabowo-Gibran Melonjak Berkat Limpahan Suara Pemilih Baru

Begitupun terjadi pada perolehan suara untuk Prabowo yang juga menang atas Ganjar. Pada periode Agustus lalu, Ganjar unggul 2,8% tetapi kini posisinya terbalik, Prabowo lebih unggul melejit dengan perbedaan mencapai 21,7% suara.

"Ganjar yang sebelumnya unggul tipis atas Prabowo dengan selisih 2,8% sekarang posisinya terbalik, lebih unggul Prabowo dengan jarak keterpilihan mencapai 21,7%," tulis Survei Kompas, yang dikutip Senin (11/12).

Baca Juga:

Survei Polling Institute: Elektabilitas Anies Salip Ganjar, Prabowo Tetap Teratas

Paslon Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden. Elektabilitasnya pun menonjol di semua kategori usia, khususnya pada kalangan generasi (17-25 tahun) yang mencapai 54,5%.

Survei Kompas dilakukan pada 29 November-4 Desember 2023. Wawancara berlangsung secara tatap muka terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia. _Margin of error_ +/- 2,65% dengan tingkat kepercayaan 95%. (Asp)

Baca Juga:

Survei Elektabilitas Cawapres: Gibran Jauh Ungguli Mahfud dan Cak Imin

#Survei #Hasil Survei #Prabowo Subianto #Gibran Rakabuming #Ganjar Pranowo #Mahfud MD #Muhaimin Iskandar #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan